Bingung, Ini Bedanya OKU, OKU Selatan, OKU Timur dan OKI

Bingung, Ini Bedanya OKU, OKU Selatan, OKU Timur dan OKI

Sungai Ogan anak sungai Musi ini menjadi berkah warga Sumsel dan sekitarnya--

Bingung, Ini Bedanya Kabupaten OKU, OKU SelatanOKU Timur dan OKI

OKES.NEWS- Masih banyak orang yang berkunjung ke Sumsel susah membedakan OKU (Ogan Komering Ulu), Ogan Komering Ulur Timur (OKUT), Ogan Komering Ulu Slatan Selatan (OKUS) dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Daerah tersebut diawalai dengan kata Ogan. Ya itu tak terlepas dari asal mula nama 'Ogan' yang menjadi nama dari beberapa daerah di kedua provinsi tersebut. 

Hal ini ternyata erat kaitannya dengan Suku Ogan, salah satu kelompok etnis 

Suku Ogan, yang dikenal dalam bahasa mereka sebagai Hang Ugan dan Jeme Ugan, mayoritas bermukim di Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Lampung. 

Di Sumatra Selatan (sumsel), mereka tersebar di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ilir, dan Ogan Ilir. 

Sementara di Lampung, Suku Ogan juga memiliki populasi yang signifikan di Kabupaten Way Kanan, Lampung Utara, Pesawaran, Lampung Barat, Lampung Selatan, Kota Metro, dan Lampung Timur.

Menariknya, nenek moyang Suku Ogan diperkirakan berasal dari masyarakat yang menghuni Gunung Dempo, di dataran tinggi Basemah.

BACA JUGA:Dampak Kemarau Sungai Ogan Berubah Bentuk jadi Pulau dan Tumpukan Sampah

 Berdasarkan temuan arkeologis, daerah ini telah dihuni sejak 4.500 tahun yang lalu. Masyarakat tersebut kemudian turun ke daerah Sungai Ogan untuk mencari lahan pemukiman yang baru.

Meski demikian, daerah sekitar Sungai Ogan sebenarnya telah dihuni jauh sebelum kedatangan nenek moyang Suku Ogan. 

Temuan arkeologis di Gua Harimau menunjukkan bahwa peradaban di daerah ini telah ada sejak zaman es. 

Penghuni asli gua ini, dari Ras Australomelanesid, akhirnya berinteraksi dengan Ras Mongoloid yang datang kemudian dan membentuk sebuah kebudayaan yang unik.

Salah satu kabupaten yang menjadi rumah bagi Suku Ogan adalah Ogan Komering Ulu (OKU), yang terletak di provinsi Sumatra Selatan dengan Baturaja sebagai pusat pemerintahannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: