Disprindag OKU Tanggapi Soal Harga Beras Naik, Beberkan Faktor Penyebabnya

Disprindag OKU Tanggapi Soal Harga Beras Naik, Beberkan Faktor Penyebabnya

Amzar Kristopa--

Soal Harga Beras Naik, Disprindag OKU Buka Suara

BATURAJA- OKES.NEWS, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten OKU Amzar Kristopa menanggapi persoalan kenaikan harga beras di wilayah Kabupaten OKU. 

Menurut dia, salah satu penyebab melambungnya harga beras di Kabupaten OKU adalah faktor kemarau. Dimana pada posisi musim kemarau ini banyak petani yang tak menanam padi.

“Seperti kita tahu, pasokan beras di OKU ini sebagian besar di suplai dari Belitang Kabupaten OKU Timur. Nah, di masa kemarau ini sawah – sawah di sana juga banyak yang kekeringan sehingga gagal panen,” kata Amzar, Selasa (19/9).

BACA JUGA:Harga Beras Tembus Rp13 Ribu Perkilo, Petani di OKU Meronta

Selain itu, saat ini petani lokal di Kabupaten OKU seperti di Kecamatan Pengandonan, Muara Jaya dan Kecamatan Ulu Ogan di masa kemarau ini lebih memilih untuk Tidak menjual hasil panen padi mereka. Para petani lebih memilih untuk menjadikan hasil panen sebagia bahan konsumsi sendiri.

“Dan itu saya rasa sangat rasional. Mereka lebih memilih untuk tidak menjual demi untuk bertahan. Setidaknya mereka sudah ada stok beras untuk kebutuhan sendiri.

Nah, dengan kondisi ini, tentu sangat mempengaruhi ketersediaan stok beras di pasar, sementara kebutuhan beras sangat besar untuk memenuhi kuota di OKU,” Jelasnya.

Menyikapi adanya keluhan masyarakat dengan naiknya harga beras itu, Amzar akan melaporkan permasalahan tersebut kepada PJ Pupati OKU.

BACA JUGA:Memalukan, Ricuh Warnai Babak Perempat Final Sepak Bola Porprov XIV/2023 Sumsel, Palembang 1 V 2 OKU Selatan

“Ini tentu akan kita laporkan kepada Pemkab OKU Nanti mungkin juga akan kita libatkan juga Bulog OKU untuk duduk bersama guna mencari solusinya,” pungkasnya.(r15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: