Musim Kemarau, Ispa Ancam Warga OKU Dampak Karhutla

Musim Kemarau, Ispa Ancam Warga OKU Dampak Karhutla

LINDUNGI DIRI: Pengemudi kendaraan sepeda motor menggunakan masker untuk melindungi diri dari polusi udara di musim kemarau saat ini. (Foto:Bagus/OKES)--

Musim Kemarau, Ispa Ancam Warga OKU Dampak Karhutla

BATURAJA – OKES.NEWS, Kemarau Panjang melanda Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sudah sejak beberapa bulan lalu. Akibatnya, suhu udara meningkat dan udara mulai alami polusi.

Mulai disebabkan asap akibat kebakaran lahan dan juga disebabkan debu lantaran kekeringan yang sudah melanda OKU.

Akibat kondisi tersebut, sangat rawan terjadi penyebaran penyakit. Terutama penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ispa).

Melihat situasi tersebut, Masyarakat mulai melakukan antisipasi agar tidak terserang penyakit akibat polusi udara. Baik disebabkan asap maupun debu.

Terlihat banyak warga yang mulai gunakan masker saat lakukan aktivitas keluar rumah. "Sekarang, ketika kita keluar rumah di siang hari harus memakai masker. Karena ada banyak debu dan suhu udara yang tinggi," ungkap salahsatu warga Baturaja, Tia.

Terkait dengan hal ini, pihak Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya mengimbau agar dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Melihat dampak kemarau asap dan debu ini diharapkan gunakan masker pernapasan bila diperlukan untuk melindungi diri dari asap.

“Pastikan anda mengonsumsi cukup air untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan tubuh," ujar Kabid Pencegahan  Penyakit Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto. (Gus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: