Menakar Bursa Karbon Disebut Bakal Menjadi Terbesar di Dunia, Ini Targetnya

Menakar Bursa Karbon Disebut Bakal Menjadi Terbesar di Dunia, Ini Targetnya

Ilustrasi bursa karbon-Ist -

Menakar Bursa Karbon Disebut Bakal Manjadi Terbesar di Dunia

OKES.NEWS - Presiden Joko Widodo telah meluncurkan secara resmi Bursa Karbon Indonesia pada hari Selasa, 26 September 2023. 

Bursa Karbon Indonesia ini diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) berdasarkan penetapan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Izin usaha Penyelenggara Bursa Karbon telah diberikan kepada BEI oleh OJK melalui Surat Keputusan nomor KEP-77/D.04/2023 pada tanggal 18 September 2023 lalu.

Bursa Karbon Indonesia ini merupakan platform perdagangan karbon yang bertujuan untuk mendukung pencapaian target pengurangan emisi karbon Indonesia.

BACA JUGA:Suku Bunga KPR Rendah, Tips Memilih Bagi Calon Beli Pembeli Rumah

 Bursa ini akan memfasilitasi perdagangan hak atas emisi karbon (AEE) antara pihak yang memiliki kelebihan AEE dengan pihak yang membutuhkan AEE.

Peluncuran Bursa Karbon Indonesia ini merupakan langkah penting dalam upaya Indonesia untuk mencapai target pengurangan emisi karbon. 

Bursa ini diharapkan dapat mendorong investasi dalam proyek-proyek pengurangan emisi karbon, sehingga dapat membantu Indonesia untuk mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060.

Manfaat dari Bursa Karbon Indonesia:

• Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perdagangan karbon

• Mendorong investasi dalam proyek-proyek pengurangan emisi karbon

• Meningkatkan efisiensi pasar karbon

• Membantu Indonesia mencapai target pengurangan emisi karbon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: