Warga Sungai Are OKU Selatan Ramai-Ramai Melimbang Emas di Sungai

Warga Sungai Are OKU Selatan Ramai-Ramai Melimbang Emas di Sungai

CARI EMAS: Warga Desa Ujan Emas ramai-ramai mencari emas di sungai di desanya. (Foto: HOS)--

Warga Sungai Are OKU Selatan Ramai-Ramai Cari Emas di Sungai

OKU SELATAN- OKES.DISWAY - Warga Desa Ujan Mas, Kecamatan Sungai Are, Kabupaten OKU Selatan, beberapa waktu terakhir ini berbondong-bondong pergi ke sungai. Mereka ramai-ramai turun ke sungai di Desa Ujan Emas untuk mencari biji emas atau sering disebut melimbang emas.

Evan Triyudi, salah satu warga Desa Ujan Mas mengatakan sebenarnya mencari emas sudah menjadi rutinitas warga desanya.

"Karena, wilayah aliran sungai kami ini sudah banyak dikenal punya material-material emas di aliran sungai-sungainya," ungkap Evan.

BACA JUGA:Driver Ojol Menjerit, Mereka Demo ke DPRD Berikut Ini 6 Tuntutanya?

Beberapa waktu terakhir, masyarakat yang mencari biji emas terbilang lebih ramai dari biasanya. Hal tersebut diduga disebabkan beberapa faktor.

Diantaranya disela masa berkebun para masyarakat, yang memang di dominasi berkebun kopi, namun saat ini belum masuk masa panen.

"Karena belum masa panen, biasanya berpengaruh pada kondisi ekonomi masayarakat. Jadi untuk mendapatkan tambahan penghasilan, mereka memilih untuk turun kesungai melimbang emas," ujarnya.

Untuk kegiatan melimbang emas sendiri diceritakannya, memang salah satu pekerjaan yang mungkin bergantung pada nasib.

Jika mujur, bisa mendapatkan hasil yang cukup lumayan, bahkan bisa sangat besar. Namun, jika tidak beruntung bisa sama sekali tidak mendapatkan hasil.

BACA JUGA:Kasus Penyebaran Video Syur Mirip Rebecca Klopper Diproses Polda Metro Jaya, Siapa Penyebar yang Ditangkap?

"Ya memang, itu nasib-nasiban. Tetapi hampir sebagian besar yang turun kesungai itu dapat hasil. Jika dijual bisa untuk menambah penghasilan ekonomi mereka," pungkas Evan.

Warga Desa Ujan Mas menggunakan cara tradisional untuk mencari emas di sungai. Mereka menggunakan alat yang disebut lampaian untuk mengayak pasir dan bebatuan di dasar sungai. Jika ada butiran emas, maka akan tersaring oleh lampaian.

Kegiatan melimbang emas di Desa Ujan Mas sudah berlangsung sejak lama. Hal ini membuktikan bahwa di wilayah tersebut memang terdapat potensi emas yang cukup besar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: