Warga di Baturaja Kompak Padamkan Api

Warga di Baturaja Kompak Padamkan Api

PADAMKAN: Warga berjibaku memadamkan api yang membakar lahan di jalan Dogan, Gotong Royong, RT 21, Kecamatan Baturaja Timur, OKU, Rabu (4/10/2023). ()-Foto: Dedi/OKES-

BATURAJA - OKES.NEWS, Kebakaran kembali terjadi di jalan Dogan, Gotong Royong, RT 21, Kecamatan Baturaja Timur, OKU, Rabu (4/10/2023) sekitar pukul 16.20 WIB.

"Kali ini kebakaran masih bisa dipadamkan, berkat kekompakan warga memadamkan api,” kata salahsatu warga, Eti, Rabu (4/10/2023).

Ini merupakan kebakaran yang ke tiga kalinya terjadi kebakaran di kawasan tersebut. Bahkan, sebelumnya, kebakaran nyaris membakar pemukiman warga. 

BACA JUGA:Waw ! Pecahkan Rekor Dunia, Rahmat Erwin Raih Emas Angkat Besi di Asian Games 2022

Sementara, Manager Pusdalpos BPBD OKU, Gunalfi, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran. 

BACA JUGA:Ingin Mengajukan KUR bagi pelaku UMKM, Temukan Disini Bank yang cocok untukmu!

Hal ini dikarenakan kondisi cuaca di Kabupaten OKU panas terik dan masih kering sehingga rentan terjadi kebakaran.

"Masyarakat dimohon selama bulan Oktober ini kondisinya masih kering, maka tidak dibakar pun bisa terbakar. Jadi jangan mencoba-coba untuk dengan sengaja atau tidak sengaja untuk mengakibatkan nyala api karena pemadamannya akan sulit untuk dilakukan," kata Gunalfi, Rabu (4/10/2023). 

BACA JUGA:Zulhas Dukung Kejagung Usut Korupsi Impor Gula, Ini Respon Kepala Kejagung

Gunalfi mengatakan bahwa perubahan posisi matahari akan menyebabkan suhu udara di permukaan Sumsel meningkat drastis dalam 1-2 minggu ke depan di bulan Oktober. Ini akan menjadi periode puncak suhu tertinggi dalam siklus tahunan Sumsel. (Ded/r15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: