Disdukcapil OKU Timur: Pemilih Pemula Capai 14.607 Orang

Disdukcapil OKU Timur: Pemilih Pemula Capai 14.607 Orang

JEMPUT BOLA: Disdukcapil OKU Timur mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman KTP kepada pelajar. (Foto: Kholid/Sumeks)--

Disdukcapil OKU Timur: Pemilih Pemula Capai 14.607 Orang

MARTAPURA - OKES.NEWS, Pemilih pemula di Kabupaten OKU Timur pada Pemilu 2024 diperkirakan mencapai 14.607 orang.  Pemilih pemula adalah mereka yang pada tanggal 14 Februari 2024 akan genap berusia 17 tahun.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKU Timur, Mursal SH MM, Senin (9/10/2023).

Menurut Mursal, data ini didasarkan pada wajib KTP pemula tahun 2023 hingga awal 2024, yang berjumlah 14.607 orang menurut Dapodik. 

Saat ini, sekitar 9.556 orang di antaranya telah direkam, sementara 5.051 orang belum direkam.

Untuk mengatasi jumlah yang belum direkam, Mursal menjelaskan bahwa mereka akan melakukan perekaman KTP dengan cara mendatangi sekolah-sekolah SMA setara di OKU Timur. “Kami akan jemput bola untukmelakukan perekaman,” ujar Mursal.

Mursal juga menjelaskan bahwa perekaman KTP Elektronik dilakukan setiap tahun dan menyasar pelajar sekolah yang berusia 16 tahun, yaitu kelahiran tahun 2005 dan 2006. Pada tahun 2024, mereka akan berusia 17 tahun dan harus memiliki KTP.

BACA JUGA:Transfer Dana Elektronik ke Kripto Sedang Digodok CFPB jadi UU EFTA, Ini Dampaknya

Namun, ada kendala dalam perekaman, seperti beberapa data yang sudah masuk usia pemula tetapi tidak ada di tempat, atau mereka yang memiliki alamat di OKU Timur tetapi sekolah di luar OKU Timur. 

Dalam hal ini, jika perekaman dilakukan di sekolah di luar OKU Timur, mereka akan dianggap telah merekam KTP.

Setelah perekaman dilakukan, data akan dikirim ke pusat, dan dari sana, pusat akan menentukan apakah data yang telah direkam sudah siap dicetak KTP atau belum. Ketika data siap dicetak, mereka akan mencetak KTP dan mendistribusikannya kepada pemiliknya.

Sebagai upaya dalam mengejar perekaman KTP, Disdukcapil melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah SMA setara di Kabupaten OKU Timur, seperti SMA di Buay Madang, MAN 1 Gumawang, SMA di Belitang III, dan lainnya. (*)

BACA JUGA:Gercep, Klaim DANA Kaget Auto Nambah Saldo Dompet Digital Mulai Rp 500 Ribu hingga Rp1 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: