Jangan Lakukan Olahraga Malam, Ini Akibatnya !

Jangan Lakukan Olahraga Malam, Ini Akibatnya !

olahraga bersepada malam-ist-

OKES.NEWS - Bagi sebagian orang yang padat aktivitas di pagi hingga sore hari, olahraga malam menjadi pilihan bagi mereka.

Olahraga merupakan kegiatan fisik yang sangat dianjurkan dalam dunia kesehatan demi menjaga kebugaran tubuh, namun tidak dengan olahraga malam, seperti futsal atapun badminton.

Kenapa olahraga malam tidak dianjurkan ? karena di malam hari, tubuh telah memasuki fase yang paling lemah, dan membutuhkan istirahat setelah produktif seharian.

Apabila tubuh yang seharusnya beristirahat, dipaksa unutk bekerja lebih keras lagi, maka yang dapat terjadi adalah meningkatkan serangan jantung.

BACA JUGA:Jalan Kaki Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan dan Kurangi Risiko Diabetes

Seperti yang dikatakan oleh dr. Tirta di laman media sosialnya, bahwa orang yang bekerja, sudah kehabisan energi, dan mengalami stress kerja, stress kelelahan, otot kelelahan, dan exhausted karena bekerja.

Namun tetap memaksakan diri untuk tetap berolahraga yang menguras otot, maka akan terjadi tiga kemungkinan.

Yang pertama akan rentan mengalami heart attack, kedua rentan dehidrasi dan juga ketiga kurang recovery.

Apalagi untuk yang bermain badminton dan bola kaki, yang mana tak hanya menggunakan kerja otot, juga membutuhkan power tubuh.

BACA JUGA:Teh hijau, Teh Hitam, dan Jus Delima Bisa Turunkan Kolestrol

Dokter Tirta juga mengungkapkan, jika semakin malam olahraga, maka waktu tidur kita juga akan terganggu.

Sebab tubuh memerlukan waktu untuk recovery atau beristirahat setelah olahraga. Karena sebelum tidur, detak jantung kita harus turun atau menjadi normal terlebih dahulu.

“Banyak gaes, orang yang udah capek kerja, capek perjalanan jauh, bukannya rehat, makasain olahraga, karena diajakin temennya, kalo ga dateng diejekin temennya. Yang kena apa ? jantungnya. Karena kapasitas jantung manusia itu ga ada yang tau” ungkap dr Tirta.

Sementara itu menurut dr Zaidul Akbar melalui kanal youtubenya, malam bukan waktu yang tepat untuk berolahraga.

BACA JUGA:Khasiat Buah Mangga Kuning Ini Bermanfaat Untuk Merawat Kulit Sehat

Karena tumbuhan pun tidak lagi mengeluarkan oksigen dari hasil fotosintesis, namun sedang mengeluarkan karbondioksida yang tidak baik bagi tubuh.

Juga hormon yang dilepas pada malam hari adalah hormon-hormon rileks untuk beristirahat, bukan hormon adrenaline lagi.

“Kalau, ingin berolahraga yang membutuhkan tempat, membutuhkan teman, nanti, sabtu atau ahad pagi pas libur. Kalau saran saya sih begitu,” ucapnya.

 Sisanya, kita mulai olahraga-olahraga sederhana, rutin, dikit, tapi kita istiqomah, jauh lebih baik.

BACA JUGA:Kedashyatan Daun Mint Atasi Jerawat Secara Mandiri Tanpa Bahan Kimia

Kalau misalkan kita setiap abis sholat push-up 5-10 kali, itu insyaAllah jauh lebih baik, dalam kondisi matahari masih ada.

Tapi kalau tetap mau olahraga malam, ya silahkan saja, kalau saya sih tidak menyarankan.” pungkas dr Zaidul Akbar seorang pakar kesehatan muslim. (us)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: