Konsumsi Rebusan Daun Pandan Mampu Mengurangi Rasa Nyeri dan Peradangan Tubuh

Konsumsi Rebusan Daun Pandan Mampu Mengurangi Rasa Nyeri dan Peradangan Tubuh

ilustrasi pandan nyeri-foto ist-

OKES.NEWS -  Pandan tentu sudah tidak asing lagi dikenal dengan tanaman herbal jenis tanaman monokotil dari famili Pandanaceae yang kerap ditemui di perkarangan rumah ini. 

Selain daun Pandan mudah ditemukan, bentuknya yang unik dan tebal kerap dijadikan tanaman hias perkarangan rumah. Selain itu tumbuhan herbal ini juga mengandung aroma yang sangat khas yang segar.

Luntaian daun pandan jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya cukup bagus jika dikelola dan ditata dengan baik. Selain itu, manfaat daun pandan juga banyak untuk kehidupan sehari-hari.

Daun pandan mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri. Senyawa anti-inflamasi tersebut adalah flavonoid, tanin, dan alkaloid.

BACA JUGA:Rekomendasi Deodoran Anti Bau Ketiak dan Mencerahkan

Dilansir okes.news dari artikel kesehatan Healthline menuliskan bahwa Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Tanin adalah senyawa yang dapat menghambat produksi zat-zat yang menyebabkan peradangan. Alkaloid adalah senyawa yang memiliki sifat analgesik, yaitu dapat mengurangi rasa sakit.

Mengonsumsi rebusan daun pandan dapat membantu mengurangi rasa sakit seperti nyeri haid atau nyeri otot. 

Cara membuat rebusan daun pandan untuk mengurangi nyeri adalah sebagai berikut:

- Siapkan 10 lembar daun pandan, rebus dengan 500 ml air hingga mendidih.

- Minum rebusan daun pandan 2-3 kali sehari.

Selain dikonsumsi, daun pandan juga dapat dioleskan ke area yang sakit. Caranya, tumbuk daun pandan hingga halus, lalu oleskan ke area yang sakit.

Perlu diingat bahwa rebusan daun pandan hanya bersifat sebagai obat herbal dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat-obatan medis. Jika nyeri yang Anda rasakan tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter.

BACA JUGA:Kumpulan Pembersih Muka yang Cocok untuk Cegah Pori-pori Tersumbat Penyebab Penuaan Dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: