Peringati Hari Santri di OKU Ajak Berperan Aktif Bangun Bangsa

Peringati Hari Santri di OKU Ajak Berperan Aktif Bangun Bangsa

KHIDMAT : Suasana acara peringatan HSN ke-9 di Taman Kota Baturaja, Minggu (22/10/2023). (Foto: ist)--

BATURAJA - OKES.NEWS Sekitar 3.300 santri se Kabupaten OKU mengikuti peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang ke-9 di Taman Kota Baturaja, Minggu (22/10/2023).

Acara yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Forum Pondok Pesantren Sumatera Selatan (FORPESS) Kabupaten OKU itu juga dihadiri Penjabat (Pj) Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah.

"Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda," kata Teddy.

BACA JUGA:Rina Fitri Politisi PPP Sekaligus Istri TNI Berpangkat Kolonel Diduga Selingkuh

Untuk tahun 2023 ini, peringatan hari santri mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Tema yang diusung oleh Kemenag ini juga bisa dimaknai secara historis dan kontekstual

Secara historis, tema jihad santri jayakan negeri ingin mengingatkan peran besar santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dulu, ketika Indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan laga, berperang melawan penjajah.

Menggunakan senjata bambu runcing yang terlebih dahulu di doakan Kiai Subchi Parakan Temanggung, mereka tidak gentar melawan musuh.

Di Surabaya, resolusi jihad yang digelorakan Kiai Hasyim Asy'ari membakar semangat pemuda-pemuda Surabaya melawan Belanda.

BACA JUGA:Sikap Ganjar Pranowo dan Mahfud Tanggapi Keputusan Prabowo Subianto, Cak Imin Janjikan ini

Secara kontekstual, tema jihad santri jayakan negeri ingin mengajak santri untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa.

Santri harus menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI, memajukan ekonomi, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah., menyampaikan apresiasi kepada para santri atas peran dan kontribusinya dalam pembangunan bangsa. Ia berharap, para santri terus belajar dan berkarya untuk memajukan bangsa dan negara.

Dalam kesempatan tersebut, Teddy Meilwansyah juga memberikan bantuan kepada para santri di Kabupaten OKU. Bantuan tersebut berupa uang tunai, alat tulis, dan perlengkapan ibadah.(ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: