Riuh Sepi

Riuh Sepi

--

Oleh: Dahlan Iskan

SAYA jarang lewat jalur ini: Surabaya-Hong Kong-Tianjin. Harus bermalam di Hong Kong. Kali ini apa boleh buat. Toh sudah 3 tahun tidak lihat Hong Kong.

Dulu, ketika masih ada penerbangan Nanhang (China Southern) Surabaya-Guangzhou, saya selalu pilih itu: Surabaya-Guangzhou-Tianjin. Berangkat pagi, tiba sore. 

Pilihan lain: Surabaya-Singapura-Beijing. Lalu naik kereta whoosh dari Beijing ke Tianjin: 29 menit.

Sebenarnya ada yang simple: Surabaya-Singapura-Tianjin. Tapi pakai penerbangan Scoot, all economy. Belum pernah mencoba. Kapan-kapan. Toh tidak pernah bawa bagasi. Baju lama masih setia menunggu di Beijing. Juga di Tianjin.

Kemarin itu saya mendarat di Hong Kong menjelang sore. Ke hotel naik taksi: HKD 410.

Saya tahu: kini tidak perlu lagi punya uang Hong Kong. Boleh dibayar dengan uang renminbi. Kursnya kini sama.

Menjelang sampai hotel saya diingatkan oleh pemandangan: ini hari Minggu. Terlihat dari banyaknya wanita Indonesia berkumpul di Taman Victoria yang luas di depan Hotel Park Lane. Terlihat ada yang lagi menari. Dengan kostum tradisional tari Jawa. Merah-hitam-putih-kuning. Dengan bawahan kain batik corak parang garudo. Dengan mahkota di kepala.

Turun dari taksi saya pilih menyeberang ke taman itu. Penuh dengan wanita Indonesia: bergerombol di mana-mana. Membuka lapak plastik. Tiduran. Berbantal paha teman. Makan-makan camilan. Saling menyisir rambut. Memantas-mantaskan wajah. Memoles bibir dengan lipstik. Berkaca. Jualan. Main HP. Ngobrol. Cekikikan. Mencoba baju baru. Campur. Yang pakai jilbab. Yang pakai short pant. Yang pakai rok mini. Yang pakai celana jeans. Lengkap.

Saya bergabung dengan yang menari Jawa itu. Ngobrol dengan pelatihnya: Nilam Ayu. Asal Kediri: Ngadiluwih. Sudah 16 tahun di Hong Kong. Dua putrinya sudah kawin. Sudah punya anak. Dua anaknya yang lain masih SMA. Masih perlu biaya untuk sekolah mereka.

Tiap Minggu Nilam melatih tari Jawa di situ. Di grup Sanggar Srikandi. Dua jam. Saat saya gabung di situ mereka lagi latihan tari Sri Paganti –khas Lamongan. Dengan gamelan dari YouTube.

Nilam juga mengaku sebagai aktivis BaraJP, relawan Jokowi. Bidang kebudayaan. 

''Berarti akan dukung Mas Gibran?''

''BaraJP di Hong Kong relawan Ganjar,'' kata Nilam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait