Apa itu Tanaman Rimpang? Salah Satunya Obat Kanker Loh!

Apa itu Tanaman Rimpang? Salah Satunya Obat Kanker Loh!

--

OKES.NEWS - Rimpang biasanya merujuk pada akar-akaran dan umbi-umbian yang tumbuh di bawah tanah. Tanaman rimpang adalah tanaman yang memiliki akar atau umbi yang digunakan untuk berbagai tujuan, seperti sebagai bahan makanan, rempah-rempah, obat, dan bahan tambahan untuk berbagai produk.

Selama berabad-abad, tanaman rimpang telah digunakan dalam pengobatan tradisional karena memiliki berbagai manfaat kesehatan. Tanaman ini sering digunakan dalam masakan sebagai bumbu, rempah-rempah, atau penyedap. Selain itu, rasa dan aromanya yang kuat dan unik membuatnya menjadi bahan utama masakan.

Lalu apa sajakah tanaman rimpang dan manfaatnya bagi kesehatan kita ? yuk simak manfaat tanaman rimpang yang dibagikan oleh jamaee dalam laman tiktoknya.

1.  Jahe

Jahe adalah tanaman herbal yang dapat menyembuhkan penyakit pencernaan dan menyehatkan sistem pencernaan. Jahe mengandung senyawa aktif yang dapat meredakan gejala iritasi perut, meningkatkan aliran air liur, mencegah perut terkontraksi, dan membantu pencernaan makanan dan minuman. Jahe juga dikenal sebagai carminative, suatu bahan yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih di pencernaan. 

Jahe dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia. Jahe juga dapat membantu wanita dengan dysmenorrhea. Beberapa penelitian ilmiah telah mendukung manfaat jahe. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk, teh, atau ditambahkan ke makanan sebagai bumbu. Mengonsumsi jahe secara teratur membantu tubuh menjaga sistem pencernaan sehat dan mencegah penyakit pencernaan.

2. Kunyit

Kurkumin, salah satu nutrisi penting dalam kunyit, bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kunyit meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Kunyit memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi yang dapat meredakan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kunyit juga dapat menstabilkan kadar gula darah, meredakan peradangan usus, dan menjaga kesehatan hati. 

Selain itu, kunyit dapat melawan infeksi dan mengobati maag. Anda dapat mengonsumsi kunyit dalam bentuk bubuk, teh, atau sebagai bumbu pada makanan. 

3. Kencur

Kencur memiliki minyak esensial dan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan, anti radang, anti bakteri, dan antinyeri. Selain itu, kandungannya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meredakan stres, mengurangi rasa sakit, membantu mengatasi masalah pencernaan, dan membantu mengatasi masalah pernapasan. Selain itu, kencur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Lengkuas

Selain kaya akan senyawa fenolik, lengkuas mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B1, B2, B3, C, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, dan zinc. Lengkuas juga meningkatkan sirkulasi darah, melindungi tubuh dari infeksi, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan membantu mencegah penuaan dini.

5. Lempuyang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: