Sempat Terkendala Lahan, Akhirnya Kantor PCNU Mulai Dibangun

Sempat Terkendala Lahan, Akhirnya Kantor PCNU Mulai Dibangun

Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan kantor PCNU Kabupaten OKU, Senin (27/11/2023). -Gus Munir/OKES-

BATURAJA, OKES.NEWS - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ogan Komering Ulu sebentar lagi miliki kantor.

Pembangunan kantor sendiri sudah dimulai sejak, Senin (27/11/2023). Pembangunan dilakukan di Jalan lintas Batumarta Kalangan Rebo Desa Tanjung Baru dan Desa Persiapan Kemilau Baru Kecamatan Baturaja Timur.

Dimulainya pembangunan di tandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd bersama Ketua PCNU OKU Drs M Buchori MM dan tamu undangan lainnya.

Ketua panitia Pembangunan Kantor PCNU OKU, Roby Vitergo mengatakan, awalnya PCNU OKU berencana membangun kantor di daerah Lekis Rejo namun karena ada kendala teknis akhirnya pembangunan dipindahkan di lokasi Kalangan Rebo.

BACA JUGA:Aksi Pria di Baturaja 'Ekspos Diri' di Tempat Umum Viral di Medsos

"Ini sejarah setelah satu abad NU kita bisa membangun kantor PCNU OKU sekarang, memang dulu ada tanah kita di Lekis Rejo namun ada kendala akhirnya dibangun di daerah ini," jelas Roby.

Pria yang juga sebagai anggota DPRD OKU ini juga mengatakan pembangunan ini telah lama direncanakan.

Bahkan pada saat OKU di bawah kepemimpinan H Kuryana Aziz beliau sangat mendukung dengan menganggarkan di APBD untuk pembangunan.

"Namun karena kendala tadi, pembangunan akhirnya tidak bisa dilakukan dan alhamdulillah bisa kita laksanakan saat ini," ungkapnya.

BACA JUGA:KPU OKU Tegaskan Bagi Peserta Pemilu Yang Langgar Aturan Berupa Sanksi Pembubaran dan Pidana

Hal senada juga dikatakan Ketua PCNU OKU Drs M Buchori MM, pembangunan kantor PCNU OKU ini telah lama dinantikan, namun karena kendala tanah di Lekis Rejo bersamalah akhirnya pembangunan dipindahkan.

"Kami akhirnya cari tanah yang baru, kebetulan dapat dikawasan ini kita beli seharga Rp 200 juta dengan pembayaran tempo satu tahun," jelasnya.

Saat ini pembayaran tanah itu lanjutnya telah di DP sekitar 10 persen dari harga tanah. Kawasan ini dinilai strategis karena bisa dijangkau oleh warga NU baik dari Kawasan Kota Baturaja dan kawasan Batumarta.

"itulah mengapa kita membangun dikawasan ini, selain kita ingin kawasan ini lebih hidup kedepannya, harapan kami semoga pembangunan ini lancar dan pembayaran tanah ini juga lancar," harapnya.

BACA JUGA:Jadikan Bupati OKU Cup Futsal Antar Pelajar Ajang Pencarian Bakat

Buchori  menambahkan,nantinya kegiatan-kegiatan yang digelar oleh NU Kabupaten OKU akan dipusatkan di kantor tersebut.

“InsyaAllah sekretariat ini akan hidup. Nantinya, seluruh kegiatan NU baik organisasi atau keagamaan akan di pusatkan d kantor ini,” pungkasnya.

Sementara itu PJ Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah mengatakan pada saat  kepemimpinan H Kuryana Aziz memang sangat mendukung pembangunan kantor PCNU ini. Untuk itu diakuinya ia sangat antusias dan mendukung pembangunan ini.  

"Ayah kami ( H Kuryana Aziz) sangat dekat dengan NU, bahkan sangat mendukung pembangunan kantor PCNU. Makanya saya merasa mempunyai kewajiban untuk melanjutkan pembangunan ini," ungkap Teddy.

BACA JUGA:Tuntaskan Laporan Pengancaman, Polres OKU Pilih cara Kekeluargaan

Dikatakan Teddy, tahun ini pemkab OKU menganggarkan Rp 500 juta untuk pembangunan kantor PCNU OKU.

“Kami bersama Pak Roby Vitergo dari Legislatif telah mendorong untuk anggaran ini, tahun ini karena angaran terbatas kita sudah menganggarkan Rp 500 juta, tahun depan isnya Allah kita anggarkan kembali Rp 500 juta," imbuhnya.

Sedangkan untuk pembelian tanah, orang nomor satu di OKU ini memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta. "Untuk tanah ini saya bantu Rp 50 juta, insyanAllah nanti pembayaran tanah ini bisa tepat waktu," harapnya.

Pada kesempatan itu juga Teddy mengajak masyarakat terutama warga NU untuk mempertahankan OKU zero konflik, ia meminta NU menjadi garda terdepan dalam menjaga OKU zero konflik.

BACA JUGA:Tangkap Dua Terduga Pencuri Besi Rel di OKU

"NU mitra strategis kami. Saya percaya dengan kerjasama dan dukungan dari NU, OKU bisa maju lagi," pungkasnya. (gsm)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: