Sungguh Mulia Relawan Pemadam Kebakaran Ini, Kerja Tanpa Pamrih, Dituntut Multitalenta

Sungguh Mulia Relawan Pemadam Kebakaran Ini, Kerja Tanpa Pamrih, Dituntut Multitalenta

Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah kukuhkan ratusan relawan kebakaran Kabupaten OKU di Gedung Kesenian, Selasa (28/11/2023). -Gus Munir/OKES-

Sungguh Mulia Relawan Pemadam Kebakaran Ini, Kerja Tanpa Pamrih, Dituntut Multitalenta

BATURAJA, OKES.NEWS - Sebanyak 300 relawan pemadam kebakaran Kabupaten OKU dikukuhkan dan diberikan pembinaan di  Gedung Kesenian Baturaja, Selasa (28/11/2023).

Pengukuhan dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah saat pengukuhan dan pembinaan relawan pemadam kebakaran Kabupaten OKU, Selasa (28/11/2023).

Relawan ini tugasnya sangat mulai. Kerja tanpa pamrih, tanpa menuntut apapun. Diharapkan dari bapak ibu sekalian semangat mau bekerja keras,” kata Teddy.

Meski kerja tanpa digaji, lanjut Teddy, di zaman yang modern seperti saat ini, para relawan dituntut multitalenta. Bisa memiliki keahlian di banyak hal.

BACA JUGA:Sukses Budidaya Ikan, Desa Marta Jaya Ditargetkan Jadi Kampung Perikanan

“Sebab, tugas relawan sekarang bukan hanya memadamkan api. Tapi, hal-hal lain juga. Seperti di kota-kota besar itu mereka diminta warga melepas cincin yang tak bisa keluar dari jari. Menangkap ular dan lainnya. Jadi, mereka harus multitalenta,” ungkap Teddy.

Teddy menambahkan, meski tak akan mendapatkan apa-apa, Pemerintah Kabupaten OKU tak akan membiarkan relawan kerja di desa atau kelurahannya masing-masing dengan sendirinya.

“Kami akan berupaya untuk anggarkan agar para relawan ini mendapatkan isentif untuk tahun 2024 nanti,” sambung Teddy.

Selain itu, lanjut Teddy Pemkab OKU juga akan mencarikan solusi agar para relawan bisa mengembangkan diri mereka.

BACA JUGA:Laporan 1.791 Link Tati Skincare Diterima BPOM RI, Diduga Mengandung hidrokuinon dan steroid

“Saya minta Kepala Disnaker akan membuatkan pelatihan dan carikan modal untuk relawan ini. Apa yang diperlukan kawan-kawan relawan. Sehingga mereka bisa mengembangkan diri. Selain tugas menjadi relawan,” lanjutnya.

Beberapa bulan lalu, ungkap Teddy, di OKU dan seluruh wilayah Sumsel terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Namun, dengan perjuangan tim pemadam kebakaran dan BPBD,  karhutla 2023 di OKU bisa dikendalikan dengan baik.

Sehingga tidak ada yang sampai mengganggu aktivitas masyarakat OKU. “Karhutla di OKU bisa ditekan,” ujarnya.

BACA JUGA:Tips Menghafal Dengan Cepat! Metode ini Dinilai Efektif

Dalam kesempatan tersebut, Teddy juga mengintruksikan kepada pimpinan satuan kerja dan lainya, termasuk para Kades kiranya bisa turut serta lakukan sosialisasi pengendalian kebakaran di daerah masing-maisng. “Agar Karhutla tidak terjadi lagi di daerahnya masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar OKU Aminilson SSos mengatakan pengukuhan dan pembinaan relawan pemadam kebakaran kabupaten OKU ini dilakukan untuk meningkatkan peran serta masyarakat untuk pencegahan kebakaran.

“Diharapkan, mereka mampu lakukan pencegahan dini bahaya kebakaran. Mampu dan mengerti kebakaran bukan hal yang biasa dan sepele. Serta bisa mensosialisasikan kepada masyarakat agar menjaga lingkungan dari kebakaran terutama di musim kemarau,” pungkas Aminilson. (gsm)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: