Indonesia Dalam Kebhinekaan: Ketakutan Akan Perbedaan yang Menghantui Pribadi Individu

Indonesia Dalam Kebhinekaan: Ketakutan Akan Perbedaan yang Menghantui Pribadi Individu

Ilustrasi--

Indonesia Dalam Kebhinekaan: Ketakutan Akan Perbedaan yang Menghantui Pribadi Individu Ketika Berada Di Lingkungan Baru

OLEH : Lusyana Agustin


Lusyana Agustin-Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Malang-

OPINI - OKES.NEWS, Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak perbedaan, dari mulai suku, budaya, bahasa, ras, dan agama. Bahkan di dalam perbedaan-perbedaan tersebut masih ada perbedaan lagi di dalamnya, contohnya saja seperti di dalam agama.

Di Indonesia terdapat beberapa agama yang diakui oleh negara salah satunya adalah agama islam yang mana islam menjadi agama mayoritas. Di dalam agama islam terdapat beberapa organisasi yang mana antar organisasi memiliki perbedaan tersendiri.

 Lantas apakah dengan sekian banyak perbedaan membuat kita merasa takut? Teman-teman sekalian perbedaan memiliki makna yang beragam tergantung bagaimana setiap individu menyikapinya.

Apabila kita melakukan suatu kegiatan kemudian kita menemui sebuah perbedaan hal pertama yang terbesit di dalam pikiran adalah rasa takut.

Mengapa demikian?

Karena individu tersebut merasakan beberapa keadaan ketika berada di dalam perbedaan, misalnya memiliki rasa ketidakpahaman, ketidaknyamanan, ketidakpastian dan rasa kekhawatiran akan kehilangan identitas.

Namun terdapat juga ketakutan akan perbedaan yang tanpa disertai alasan.

 Nah, ketakutan-ketakutan ini lah yang sedikit demi sedikit harus dikurangi karena sejatinya perbedaan itu indah, di dalam perbedaan banyak hal yang dapat dijadikan pengalaman serta dijadikan pembelajaran.

Misalnya kita dapat belajar bahasa daerah lain dan belajar kebudayaan-kebudayaan daerah lain. Di bawah ini beberapa perasaan yang dialami ketika individu berada di lingkungan baru.

 Ketidakpahaman, seringkali individu merasa takut terhadap hal yang belum mereka pahami di dalam perbedaan yang mereka jalani misalnya organisasi, agama, budaya dan lain sebagainya.

Cara mengatasinya adalah dengan mencari atau mendapatkan pengetahuan dan mencoba memahami perbedaan tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: