Indonesia Dalam Kebhinekaan: Ketakutan Akan Perbedaan yang Menghantui Pribadi Individu

Indonesia Dalam Kebhinekaan: Ketakutan Akan Perbedaan yang Menghantui Pribadi Individu

Ilustrasi--

 Ketidaknyamanan, dengan menemui sebuah perbedaan biasanya individu merasa tidak nyaman karena kegiatan atau sesuatunya berbeda dari yang biasanya mereka lakukan.

Cara mengatasinya adalah dengan mencoba keluar dari zona nyaman agar mengetahui bagaimana perbedaan-perbedaan yang sedang dialaminya.

 Ketidakpastian, individu sering merasa takut dengan ketidakpastian yang mereka angan-angan sendiri, perbedaan seringkali membuat tidak pasti karena tidak tahu bangaimana nantinya respon orang lain terhadap kita.

Jadi, perlahan kita biasakan untuk melakukan apa yang kita angan-angan kan dengan tetap menjaga etika agar kita tidak kalut dengan rasa takut yang tidak pasti.

 Rasa khawatir akan kehilangan identitas, perbedaan seringkali membuat individu meras takut akan kehilangan jati dirinya, padahal seseorang dapat berproses dan bertumbuh kembang melalui interaksi dengan orang-orang yang berbeda karena hal tersebut dapat menjadi motivasi kita.

  Terdapat istilah yang mengatakan “Dimana bumi dipijak disitu langit di junjung”, dengan demikian dimana pun kalian berada ikutilah aturan ataupun lain sebagainya yang berlaku meskipun berbeda dengan yang biasa kalian jalani dan tetap gunakan attitude yang baik untuk melawan rasa takut rasa ketidakpastian yang dihadapi di dalam perbedaan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: