Mengatasi Emosi dan Sikap Tenang Dalam Islam

Mengatasi Emosi dan Sikap Tenang Dalam Islam

--

OKES.NEWS - Sebagai seorang muslim kita selalu diajarkan untuk hidup dengan kesabaran dan bersikap dewasa tentang segala situasi yang terjadi dan bersikap tenang.

Dalam sebuah hadis yang disampaikan oleh Rasulullah SAW kepada salah seorang sahabatnya, beliau bersabda, "Sesungguhnya kamu mempunyai dua akhlak yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya, yaitu sifat al-hilm (mampu menahan emosi) dan al-anah (sikap tenang dan tidak tergesa-gesa)." HR.Muslim

Hadis ini memberikan pedoman tentang pentingnya memiliki kepribadian yang dapat menahan emosi dan menunjukkan sikap tenang dalam setiap situasi. 

Rasulullah SAW dengan tegas menyatakan bahwa Allah dan Rasul-Nya sangat menghargai karakteristik tersebut, yang dapat mencerminkan ketenangan dan kedewasaan dalam berinteraksi dengan sesama.

Ketika kita menerapkan dua sikap ini kita akan mendapatkan beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah pada kesehatan mental dan fisik. Menghindari amarah berlebihan dan stress dapat membantu menjaga kesehatan pikiran dan tubuh yang lebih sehat.

Lalu manfaat lainnya adalah memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan lebih baik. 

Ketika seseorang tidak tergesa-gesa dan mampu menahan emosi, dia dapat mengungkapkan pikiran dan perasaannya dengan lebih jelas dan bijaksana

Dengan menerapkan sifat al-hilm dan al-anah ini diharapkan kaum muslim dapat menjadikan masyarakat dan lingkungan yang lebih positif lagi. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: