Tangkal Hoax, Hingga Kampanye Hitam, KPU OKU Gandeng Insan Pers

Tangkal Hoax, Hingga Kampanye Hitam, KPU OKU Gandeng Insan Pers

DISKUSI: KPU menggandeng insan pers untuk mensosialisasikan Pemilu dan menangkal berita hoax serta kampanye hitam dalam kegiatan cofee morning di Aula Grand Jati BIL Hotel Baturaja, Kamis, 14 Desember 2023. (-Gusmunir/foto okes-

BATURAJA - OKES.NEWS - Peran pers dalam mensukseskan Pemilu 2024 sangat besar. Untuk itu, KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggandeng insan pers untuk mensukseskan hajatan politik limat tahunan tersebut.

Diharapkan, berperan dalam menangkal informasi hoax, kampanye hitam dan kampanye negatif. Sehingga, situasi di Kabupaten OKU pada pelaksanaan Pemilu berjalan aman dan kondusif.

“Peran media sangat penting. Jangan sampai media menyebarkan informasi hoax, kampanye hitam dan kampaye negatif,” kata Kasubsi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU, Abdulah Arby SH MH saat kegiatan KPU cofee morning bersama awak media di Aula Grand Jati BIL Hotel Baturaja, Kamis, 14 Desember 2023.

BACA JUGA:Satlantas Polres OKU Tertibkan Kendaraan Odol dan Parkir Liar

Pengamat politik sekaligus akademisi, DR Hendra Alfani SSos MIKom saat menjadi pembicara menambahkan, media adalah kekuatan ke empat demokrasi.

Sehingga, peran pers sangat penting pada Pemilu 2024 mendatang. Terlebih, menurutnya, media pemegang opini publik.

“Media bisa menggiring opini publik untuk mengarah ke hal positif. Jadi, media sangat penting peranannya untuk mensukseskan Pemilu,” imbuh Hendra.

Kasat Intelkam Polres OKU AKP Hendri Antonius SH menambahkan, pada pelaksaan Pemilu, pers bisa menjadi sumber informasi.

Media pada Pemilu juga dituntut independen, tidak memihak, tidak memprovokasi, objektif dan fairness. Serta bisa menjaga ke Bhinekaan Tunggal Ika agar masyarakat tidak terpecah belah.

“Selain itu, media bisa melakukan pengawasan dan kritik. Terpenting bisa menangkal berita hoax, sehingga tidak menimbulkan kerusuhan,” ungkap AKP Hendri Antonius SH .

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Kebakaran Toko Indomaret di Baturaja Jumat Dini Hari

Sementara itu, Ketua KPU OKU, Nnaing Wijaya ST mengatakan, pihaknya sengaja mengundang insan pers bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan mensosialisasikan Pemilu. 

“Sebab, tanpa eran pers, Pemilu tidak bisa berjalan dengan sukses. Apalagi pers merupakan pilar ke 4 demokrasi. Jadi, pers sangat penting pernanya dalam sukseskan Pemilu,” ungkap Naning.

Naning menambahkan, pihaknya berharap bantuan dari insan pers untuk berperan dalam menyajikan informasi yang baik dan tidak hoax. ”Mari kita sukseskan Pemilu di OKU ini dengan zero konflik,” harap Naning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: