BPBD OKU Usulkan 5 Poin saat Rapat Siaga Bansor !

BPBD OKU Usulkan 5 Poin saat Rapat Siaga Bansor !

Persiapan antsipasi kesiapsigaan bpbd oku dalam rapat bansor 2023 di baturaja.-Ist -

BATURAJA  - OKES.NEWS, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, melakukan persiapan dalam mengantisipasi bencana susulan atau pencegahan bencana memasuki musim penghujan di Wilayah OKU.

Manajer Pusdalops BPBD OKU Gunalfi mengatakan bahwa intensitas curah hujan tinggi yang terjadi berpotensi menimbulkan bencana banjir dan Longsor (Bansor).

BACA JUGA:BPBD OKU Keluarkan PerIngatan Waspada Banjir dan Longsor

Seperti yang sudah terjadi pada pekan lalu  yang merendam ratusan rumah warga di desa Gunung Meraksa Kecamatan Lubuk Batang, OKU dengan ketinggian mencapai satu meter.

"Dari hasil rapat Siaga Bansor, BPBD OKU segera akan melakukan tahapan pencegahan dengan poin-poin yang diterapkan sebagaimana diperlukan dalam waktu dekat," ungkap Gunalfi.

Menurut Gunalfi, tindakkan pencegahan atau persiapan dalam antisipasi bencana sejak dini merupakan bentuk kesiapasiagaan dalam memasuki pergantian musim. 

"Saat ini telah terjadi banjir di beberpa titik di wilayah OKU, yang bearti kemungkinan bencana susulan akan bisa jadi terjadi, namun dari hasil rapat bansor pihak kami akan segera menerbitkan SK Bupati tentang siaga Bansor," tuturnya.

BACA JUGA:Banjir Rendam Ratusan Rumah di OKU

Disamping itu, BPBD OKU telah kembali mengaktifkan posko pemantauan bencana di setiap kecamatan yang berpotensi banjir dan longsor. Hal itu mengingat beberpa daerah ini adalah daerah langganan banjir dan longsor. 

Terlebih, lanjut Gunalfi, daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada beberpa pemukiman penduduk yang terancam akan bahaya longsor. 

"Ini sifatnya, Siaga Bansor dalam peningkatan Kesiapsiagaan di kecamatan dan desa," tutupnya.

BACA JUGA:Dilanda Banjir, Warga OKU Terpaksa Naik Perahu

Adapun beberpa poin yang akan segera dilakukan diantaranya: 

1. Segera menerbitkan SK Bupati OKU tentang siaga bansor kabupaten. Termasuk peningkatan kesiapsiagaan  di kecamatan dan desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: