Senang Banget, Warga Kelurahan di OKU ini, Bakal Tak Kebanjiran Lagi Saat Hujan Tiba

Senang Banget, Warga Kelurahan di OKU ini, Bakal Tak Kebanjiran Lagi Saat Hujan Tiba

Normalisasi aliran sungai diharapkan bisa atasi banjir yang selama ini sering melanda warga Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU. (Foto: Gus Munir/OKES) /////--

BATURAJA - OKES.NEWS, Warga Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bisa hidup sedikit tenang.

Itu karena, mereka bakal tak was-was lagi bakal kebanjiran saat hujan lebat turun.

Sebab, saat ini sudah dilakukan normalisasi aliran sungai dan pembangunan beronjong.

“Proyek normalisasi di Kelurahan Sekarjaya ini memang sangat dibutuhkan masyarakat. Setiap tahun, jika hujan agak tinggi pasti banjir,” kata Penjabat (Pj) Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah saat meninjau pembangunan normalisasi aliran sungai Sekarjaya, Kamis petang, 21 Desember 2023.

Bahkan, lanjut Teddy, banjir bukan hanya hitungan centi meter, namun mencapai beberapa meter. Bahkan, banjir bisa sampai atap rumah warga.

“Melihat kondisi tersebut, tahun 2023 ini dianggarkan normalisasi siring di Sekarjayadan bangun bronjong untuk atasi banjir,” imbuh Teddy.

BACA JUGA:Berikut Ini Daftar 45 Pati Polri yang Naik Pangkat dengan Jabatan Barunya, Waw Ada Polwan Jadi Jenderal

Dengan dilakukannya normalisasi aliran sungai dan pembangunan bronjong, tambah Teddy warga kini bisa makan dan tidur nyeyak tidak ada kendala banjir lagi.

“Di sini total ada sekitar 400 rumah. Pembangunan saat ini panjangnya 300 meter. Totalnya panjang aliran sungai 1.700 meter. Jadi kurang 1.400 meter lagi. Nanti, kita anggarkan lagi hingga tuntas. Semoga pembangunan ini bisa bermanfaat,” harap Teddy.

Meski sudah dilakukan normalisasi dan pembangunan bronjong, lanjut Teddy, dirinya mengimbau masyaralat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Jaga lingkungan masing-masing. Jangan buang sampah sembarangan. Karena bisa berdapak banjir. Kalau banjir yang rugi semuanya. Termasuk masyarakat itu sendiri,” tambahnya.

BACA JUGA:Tak Ada Obatnya, Katarak Bisa Menyerang Diusia Muda, Kenali Tanda-tandanya Sebelum Memburuk

Sementara itu, salah satu warga Kelurahan Sekarjaya yang tinggal di pinggiran sungai mengaku sangat senang dengan adanya normalisasi sungai dan pembangunan beronjong.

“Tentu senang. Mudah-mudahan tidak banjir lagi. Sebab, selama ini jika hujan deras banjir. Bahkan, sempat sampai atap,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: