Antisipasi Terjadi Bencana Alam, Gelar Apel Kesiagaan

Antisipasi Terjadi Bencana Alam, Gelar Apel Kesiagaan

Asisten 1 Setda OKU, Indra Susanto melakukan pengecekan peralatan saat Apel kesiagaan di Taman Kota Baturaja, Sabtu, 23 Desember 2023. (Foto: ist)--

BATURAJA  - Pemerintah Kabupaten OKU menggelar Apel kesiagaan di Taman Kota Baturaja, Sabtu, 23 Desember 2023.

Apel kesiagaan digelar untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. 

Asisten 1 Setda OKU, Indra Susanto, menjelaskan bahwa apel kesiagaan dilaksanakan untuk mengevaluasi kesiapan personel dan peralatan.

Dalam menghadapi potensi bencana alam. Terutama saat musim hujan yang diprediksi mencapai puncaknya pada Desember hingga Januari. 

BPBD OKU telah melakukan langkah mitigasi di daerah rawan potensi bencana seperti banjir dan longsor. 

Beberapa lokasi yang rawan sudah disurvey oleh BPBD dan Dinas PUPR dan PU Perkim untuk dilakukan pembenahan.

Indra mengingatkan bahwa kondisi saat ini membutuhkan pemantauan konstan terutama terhadap potensi tanah longsor dan banjir. 

Dia menekankan pentingnya kewaspadaan dan kesiagaan, terutama bagi relawan dan stakeholder. “Koordinasi dan komunikasi harus dilakukan secara intensif selama 24 jam, dengan peralatan yang sudah diperiksa dan dijaga agar tidak rusak saat dibutuhkan,” kata Asisten 1 Setda OKU, Indra Susanto.

Kepala BPBD OKU, Januar, menyoroti potensi banjir di sepanjang bantaran Sungai Ogan, terutama saat arus sungai meluap. 

Namun, ada titik-titik tertentu yang menjadi perhatian khusus, seperti kelurahan Sekarjaya yang tengah dalam penanganan banjir. 

“Untuk daerah rawan longsor, seperti wilayah Ulu Ogan, pemantauan dan kesiagaan terus dilakukan dengan dukungan dari TNI, Polri, Damkar, dan pihak lainnya,” pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: