FPK OKU Lakukan Sosialisasi ke Tingkat Kecamatan, Ini Tujuannya !

FPK OKU Lakukan Sosialisasi ke Tingkat Kecamatan, Ini Tujuannya !

Anggota FPK Kabupaten OKU melakukan sosialisasi di ruang pertemuan Kecamatan Lengkiti.-FPK OKU-

LENGKITI, OKES.NEWS - Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten OKU menggelar sosialisasi Kecamatan Lengkiti, pada Kamis 4 Januari 2024.

Kegiatan dengan tema "Pembauran Bangsa Satu Dalam Keragaman Harmoni Dalam Perbedaan" dalam rangka mengaungkan pembauran kebangsaan.

Selain itu, kegiatan ini juga melaksanakan program kerja FPK tahun 2023 yakni Sosialisasi dan reorganisasi kepengurusan FPK di tingkat kecamatan.

Wakil Ketua FPK Kabupaten OKU, Aptrama Dedy SH menyatakan bahwa keberadaan FPK ini didasari Peraturan Menteri Dalam Negeri no 34 tahu 2006 tentang pedoman Penyelengaraan Pembauran Kebangsaan di daerah.

BACA JUGA:Rambut Anda Rontok dan Botak? Coba Atasi dengan Daun Buah Ini

Lebih lanjut dikatakannya bahwa keragaman suku, etnis, ras, bahasa dan budaya yang ada di Indonesia ini suatu hal yang tidak mungkin dihindari.

“Itulah sebabnya para pendahulu kita mencetuskan sebuah kalimat sakti Bhinnika Tunggal Ika yang bernakna walaupun berbeda beda tapi tetap satu jua. Yakni satu dalam idiologi Pancasila dan satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Aptrama Dedy SH.

Sementara itu salah satu nara sumber dalam kegiatan sosialisasi ini, Darman Syafei SE MSi menyampaikan bahwa di Indonesia ini  terdapat lebih dari 1000 macam etnis dan lebih dari 300 sub etnis yang menyebar diseluruh pelosok bumi Indonesia dan mempunyai 746 ragam bahasa daerah.

“Untungnya para pendiri negeri ini telah merumuskan satu bahasa nasional yakni Bahasa Indonesia,” ungkap Darman Syafei.

BACA JUGA:Pemkab OKU Dukung Pengoperasian Bandara Gatot Subroto Sebagai Bandara Komersil

Lebih lanjut Darman syafei yang sehari harinya adalah Dosen Unbara dan ketua Baznas Kabupaten OKU itu menyebutkan bahwa di wilayah OKU ini saja terdapat enam suku asli.

Yakni suku Ogan, Komering, Daya, Ranau, Semendo, Pasemah ditambah dengan suku-suku pendatang seperti Jawa, Sunda, Bali, Padang, Batak dan lainnya.

“Dengan memperhatikan keberagaman itu disatu sisi kita patut bersyukur karena hal ini memperkaya khazanah budaya anak bangsa,” imbuhnya.

Tapi disisi lain jika tidak dikelola dengan benar maka akan memunculkan konflik yang pada gilirannya nanti akan memunculkan perpecahan atau disintegrasi.

BACA JUGA:Tekan Kecelakaan Lalulintas di OKU,Larang Pelajar Kendarai Kendaraan Bermotor

Terlebih pada era teknologi yang semakin canggih saat ini, dimana media sosial begitu mempengaruhi prilaku kehidupan  anak bangsa.

Dimana jika hal ini tidak disikapi secara tepat bisa menjadi sumber konplik. Oleh karena itulah hal ini harus di antisipasi.

“Salah caranya adalah merekatkan pembauaran kebangsaan ini melalui Forum Pembauran Kebangsaan,” tegas Darman.

Saat ini Forum Pembauran Kebangsaan ini telah terbentuk pada tingkat provinsi, kabupaten dan kecamatan.

BACA JUGA:Saipul Jamil Ditangkap Polisi, Asistennya Positif Narkoba, ini Hasil tes urinenya

Kedepannya Darman berharap kiranya para camat dalam lingkup pemerintahan Kabupaten OKU dapat memfasilitasi terbentuknya FPK pada tingkat desa dan kelurahan.

“Mari ciptakan suasana harmoni diantara keberagaman anak bangsa, saling menghargai, saling percaya. Mari kita jaga NKRI dengan merawat kerukunan, ras, suku dan etnis yang ada. Dan mari kita dukung dan kita sukseskan Pemilu serentak tahun 2024,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: