BMKG: Analisis Potensi Hujan di Awal Februari 2024

BMKG: Analisis Potensi Hujan di Awal Februari 2024

Potensi hujan lebat masih terjadi hingga 4 Februari 2024--

BMKG: Analisis Potensi Hujan di Awal Februari 2024

Okes.news - Inilah prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)terkini mengenai potensi hujan di Indonesia.

Dari pemantauan dan analisis data cuaca, BMKG menemukan bahwa potensi hujan dari ringan hingga lebat masih mungkin terjadi di berbagai wilayah Indonesia hingga awal Februari 2024.

Dalam 24 jam terakhir hingga 28 Februari 2024 pukul 07.00 WIB, beberapa wilayah telah mengalami hujan dengan intensitas tinggi, termasuk Banten (118 mm), Bali (73.9 mm), Nusa Tenggara Timur (70.0 mm), DKI Jakarta (62 mm), dan DI Yogyakarta (56.4 mm).

Faktor yang mempengaruhi kondisi ini antara lain aktivitas Monsun Asia, yang disertai potensi seruakan dingin.

Hal ini meningkatkan massa udara basah di bagian barat dan selatan ekuator Indonesia.

Gelombang ekuator Rossby dan Kelvin yang masih aktif, serta terbentuknya pola belokan angin dan pertemuan angin di selatan ekuator, turut berkontribusi pada pembentukan awan hujan.

BACA JUGA:BMKG: Begini Prakiraan Cuaca di Sumatera Selatan Hari Ini, 1 Februari 2024

Potensi Hujan Sedang-Lebat di Berbagai Wilayah

BMKG memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah-wilayah berikut pada periode 02 - 04 Februari 2024:

Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Cuaca Jabodetabek

Untuk wilayah Jabodetabek, BMKG memperingatkan potensi hujan sedang hingga lebat pada periode 29 Januari - 01 Februari 2024, dan berawan hingga hujan ringan pada periode 02 - 04 Februari 2024.

Akan tetapi, masyarakat diminta mewaspadai potensi hujan lebat dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah.

Potensi Rob dan Gelombang Tinggi

Pantauan prediksi pasang surut menunjukkan potensi banjir pesisir (rob) di pesisir Kalimantan Barat dan Maluku Utara, serta potensi gelombang tinggi di berbagai wilayah perairan Indonesia pada 29 Januari 2024.

BACA JUGA:Peringatan Dini, Cuaca Sumatera Selatan Hari Ini 30 Januari 2024, 7 Daerah Hujan Petir

Imbauan BMKG

BMKG mengimbau masyarakat dan instansi terkait untuk waspada terhadap potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Khususnya di daerah bertopografi curam atau rawan longsor dan banjir, diharapkan agar tetap waspada terhadap dampak cuaca ekstrem.

Masyarakat juga diingatkan untuk mengikuti update informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca secara real-time.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: