Inilah Dua Seksi Jalan Tol Baru di Sumatra Utara yang Diresmikan Jokowi

Inilah  Dua Seksi Jalan Tol Baru di Sumatra Utara yang Diresmikan Jokowi

Wisata ke destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba makin cepat lewat jalan tol Kutepat (tol Kuala Tanjung- Tebing Tinggi Prapat). Awalbya 3 5 jam kini 1,5 jam--

Peresmian jalan tol ini juga dihadir  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj. Gubernur Sumatra Utara Hassanudin, dan para kepala daerah setempat, serta Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto dan Direktur Utama PT PP Novel Arsyad.


Kawasan Ekonomi Khusus Sei Magkei--

Di tempat terpisah  Menteri Perhubungan Menhub)  Budi Karya Sumadi mengajak semua pemangku kepentingan di Pelabuhan Kuala Tanjung untuk mempersiapkan diri menyambut operasional jalan tol Indrapura-Kuala Tanjung yang dijadwalkan selesai pada Juni 2024.

 Dalam kunjungan dan uji coba jalan tol Tebing Tinggi-Indrapura-Kuala Tanjung pada Selasa, 6 Februari, Menhub menekankan pentingnya peningkatan kinerja pelabuhan.

Tujuannya  untuk memanfaatkan peluang yang datang dengan pembukaan jalan tol sepanjang 20,4 km ini.

Dengan pembukaan jalan tol yang merupakan bagian dari jaringan tol Trans-Sumatra, diharapkan dapat memudahkan jalur logistik, mempersingkat waktu tempuh, dan meningkatkan arus keluar masuk barang di Pelabuhan Kuala Tanjung.

 "Ini akan berdampak besar pada efisiensi logistik dan meningkatkan daya saing pelabuhan di kancah internasional," ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Pelabuhan Kuala Tanjung, yang memiliki dermaga seluas 500x60 meter dan trestle sepanjang 2,8 km, telah dilengkapi dengan fasilitas kepelabuhanan modern dan sistem IT terintegrasi.

BACA JUGA:Bagaimana Progres Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino (Baleno)

BACA JUGA:Ini Fungsi Speed Reducer yang di Pasang di Jalan tol Ini Fungsinya?

 Hal ini mendukung peningkatan layanan kepada pengguna jasa dan kecepatan proses bongkar muat. 

Menhub berharap pelabuhan ini dapat menjadi transshipment port utama, menerima kapal-kapal besar dari berbagai negara dan mendukung kelancaran distribusi logistik, terutama dengan terintegrasi jalur kereta api ke KEK Sei Mangkei.

Kehadiran Kepala KSOP Belawan Rivolindo dan Kepala KSOP Kuala Tanjung Aan Anwar dalam acara tersebut menandai komitmen bersama.

Dan diharapkan meningkatkan sinergi antar instansi untuk mendukung kesiapan pelabuhan menyongsong era baru konektivitas logistik Sumatera Utara.(*)

BACA JUGA:Pengumuman, Tarif Tol di Empat Ruas Tol Sumatera Ini Bakal Naik di Tahun 2024?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: