Banner Sekwan DPRD OKU 2024

Longsor di Muara Dua, Warga Takut Pilih Mengungsi

Longsor di Muara Dua, Warga Takut Pilih Mengungsi

-Istimewa-

OKES.NEWS -  Muara Dua, Warga di Perumahan HKS 1, Kecamatan Kecipung Muara Dua, Oku Selatan, sebuah bencana alam telah mengancam keamanan dan kediaman warga setempat. 

Longsor yang terjadi di wilayah tersebut telah menyebabkan kekhawatiran di kalangan penduduk sekitar.

Menurut laporan yang diterima dari para warga setempat, longsoran tersebut diduga dipicu oleh pembuangan aliran air yang dibuat untuk mengalirkan air ke jurang, yang pada akhirnya mengakibatkan tanah di sekitar jurang semakin labil dan rentan sehingga semakin melebar. 

BACA JUGA:Inilah Prakiraan Cuaca Sumatera Selatan Hari Kamis, 22 Februari 2024

"Iya ada beberapa warga di perumahan tersebut memilih mengungsi sementara ke rumah kerabatnya," ujar Putra warga sekitar.

Ditambah lagi dengan curah hujan yang tinggi dalam beberapa waktu terakhir, tanah terus-menerus terkikis oleh aliran air, sehingga semakin mendekati pemukiman warga yang berada di sekitar wilayah longsoran tersebut.

BACA JUGA:Inilah Prakiraan Cuaca Sumatera Selatan Hari Kamis, 22 Februari 2024

Keadaan darurat akibat longsor ini telah berlangsung selama lebih dari seminggu, namun hingga saat ini belum terlihat adanya tindakan penanganan yang konkret dari pihak pemerintah setempat. 

Warga hanya menerima bantuan berupa sembako dari Pemerintah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), namun belum ada langkah yang diambil untuk mengatasi sumber masalah ini secara langsung.

Situasi semakin memprihatinkan karena belum ada upaya yang signifikan untuk menanggulangi longsor tersebut, sementara risiko meluasnya dampak dan bahaya bagi warga sekitar terus meningkat. 

Warga yang tinggal di sekitar pemukiman yang terancam telah melakukan langkah pengungsian. Untuk sementara ini sebanyak 8 kepala keluarga yang rumahnya sudah terancam oleh bahaya longsor telah mengungsi.

BACA JUGA:Atasi Macet di Jalinsum Polres OKU Turunkan Personil

Dalam situasi ini, harapan masyarakat setempat agar pemerintah segera mengambil langkah-langkah preventif yang diperlukan untuk mengurangi risiko dan mencegah meluasnya dampak longsor ini. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: