Niat Mandi Wajib Sebelum Ramadan Lengkap Tata Cara Laki-laki dan Perempuan

Niat Mandi Wajib Sebelum Ramadan Lengkap Tata Cara Laki-laki dan Perempuan

ilustrasi mandi wajib-foto ist-

OKES.NEWS, Niat dan tata cara mandi wajib sebelum Ramadan penting banget untuk diketahui. Niat mandi menyucikan diri sebelum menunaikan puasa Ramadan, adalah bagian penting dari persiapan spiritual menjelang bulan suci.

Meskipun ada kepercayaan umum bahwa mandi sebelum berpuasa adalah syarat atau rukun yang harus dilakukan, namun menurut pandangan agama, hal ini bukanlah keharusan.

Tata Cara Mandi Sebelum Puasa Ramadan

Berdasarkan hadis dari Aisyah, dapat dipahami langkah-langkah yang perlu diikuti oleh laki-laki dan perempuan saat menjalankan mandi junub sebagai persiapan sebelum memasuki ibadah puasa Ramadhan.

BACA JUGA:Bacaan Niat Sholat Dhuha 2 dan 4 Rakaat, Lengkap dengan Tata Caranya dan Doa

BACA JUGA:Apa Bedanya Niat Sholat Idul Adha 2023 Saat Berjamaah atau Sendiri?. Lengkap dengan Tata caranya

Laki-Laki

Untuk laki-laki, tata cara mandi sebelum puasa Ramadhan adalah sebagai berikut:

"Dari Aisyah dia berkata, "Apabila Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mandi karena junub, beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudu dengan wudu untuk salat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki." (HR. Bukhari dan Muslim)

Membasuh Kedua Tangan: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memulai mandi junub dengan membasuh kedua tangan.

Menuangkan Air dari Tangan Kanan ke Tangan Kiri: Setelah itu, beliau menuangkan air dari tangan kanan ke atas tangan kiri.

Membasuh Kemaluan: Langkah berikutnya adalah membasuh kemaluan.

Berwudu: Laki-laki kemudian melakukan wudu layaknya cara wudu untuk salat.

Menyiram Rambut Sambil Memasukkan Jari ke Pangkal Rambut: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut secara merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: