Kenali 5 Gejala Awal Diabetes yang Sering Diabaikan,

Kenali 5 Gejala Awal Diabetes yang Sering Diabaikan,

ilustrasi--

Halo pembaca Okes News, dalam kesempatan kali ini, kita akan mebahas soal informasi kesehatan yang penting terkait sakit diabetes yang semakin banyak diderita masyarakat Indonesia.

Diabetes  merupakan kondisi medis di mana tubuh tidak dapat mengatur kadar gula darah dengan baik. 

Dan jika tidak segera ditangani, diabetes dapat berkembang menjadi lebih serius hingga memicu berbagai komplikasi berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, hingga kebutaan. 

Diabetes juga  merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan pengidap diabetes di Indonesia mencapai 8,5% pada penduduk usia di atas 15 tahun. 

Sayangnya, banyak kasus diabetes yang tidak terdeteksi sejak dini karena gejala awalnya sering diabaikan. Padahal, mengenali gejala awal diabetes sejak dini sangat penting agar penanganan dapat dilakukan secara efektif. 

Berikut 5 gejala awal diabetes yang sering diabaikan:

Sering Buang Air Kecil 

Gejala ini terjadi karena kadar gula darah yang tinggi yang menyebabkan tubuh berusaha mengeluarkan kelebihan gula melalui urin yang membuat penderita akan merasa selalu ingin buang air.

Rasa Haus yang Berlebihan

Akibat kadar gula darah yang tinggi, tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga penderita merasa sangat haus.Penderita akan minum lebih banyak dari biasanya untuk mengatasi rasa haus.

Berat Badan Turun Drastis

Meskipun sudah makan banyak, penderita diabetes justru akan mengalami penurunan berat badan yang cepat.Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memanfaatkan glukosa dengan baik sehingga terjadi penurunan berat badan.

Mudah Lelah dan Lemas

Kadar gula darah yang tinggi mengganggu metabolisme energi di dalam tubuh. Akibatnya, penderita akan merasa cepat lelah dan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: