5 Makanan yang Tidak Boleh Dijadikan Sarapan, Salah Satunya Banyak Orang yang Tidak Tahu

5 Makanan yang Tidak Boleh Dijadikan Sarapan, Salah Satunya Banyak Orang yang Tidak Tahu

Ilustrasi sarapan pagi--

KESEHATAN -Sarapan merupakan hal penting dalam hidup, Karena dari sarapan itulah kita memperoleh energi untuk beraktivitas di pagi hari.

Tubuh kita memerlukan sarapan karena jika kita tidak sarapan, tubuh menjadi lemas dan lesu.

Tidak hanya mempengaruhi tubuh, tidak sarapan juga mempengaruhi otak yang membuat kita jadi sulit berkonsentrasi dan gelisah saat beraktivitas.

BACA JUGA:4 Parfum Lokal Wanita Yang Paling Disukai di Tahun 2024

Namun tidak semua makanan bisa dijadikan sebagai sarapan karena jika dikonsumsi dapat memberikan efek negatif bagi tubuh kita.

Berikut adalah 5 makanan yang tidak boleh dijadikan sarapan, salah satunya banyak yang orang tidak tahu:

1.Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi, seperti gorengan, dapat membuat pencernaan lambat dan menyebabkan perasaan lesu atau malas di pagi hari. Sebaiknya dikonsumsi pada siang atau sore hari, sebagai camilan dalam jumlah yang terbatas.

2.Makanan Manis

Makanan manis, seperti kue kuean dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat diikuti oleh penurunan yang drastis, menyebabkan rasa lelah dan lapar lebih cepat.

Sebaiknya dikonsumsi sebagai pencuci mulut setelah makan siang atau makan malam dalam porsi kecil.

3.Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis dan bacon sering kali mengandung garam dan bahan pengawet dalam jumlah tinggi, yang bisa menyebabkan rasa haus dan tidak nyaman.

BACA JUGA:Sejarah Handphone dari masa ke masa, Kamu generasi mana?
Sebaiknya dikonsumsi pada waktu makan siang dalam porsi yang seimbang dengan sayuran dan sumber protein lain yang lebih sehat.

4. Minuman Bersoda dan Jus Instan

Minuman bersoda mengandung gula tinggi dan bahan kimia tambahan yang dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan perut kembung.


Walaupun banyak ahli yang mengatakan mengonsumsi jus di pagi hari bermanfaat namun tidak dengan jus instan karenaa jus instan mengandung banyak gula.Jika ingin mengonsumsinya, sebaiknya dilakukan pada siang hari sebagai bagian dari makanan yang lebih besar, namun tetap sebaiknya diminimalkan.

5. Mie Instan

Banyak masyarakat Indonesia yang menganggap mie instan cocok dijadikan sarapan karena praktis dalam pembuatannya, namun nyatanya mie instan mengandung karbohidrat olahan dan sodium tinggi, yang bisa menyebabkan perut kembung dan tidak menyediakan energi yang stabil untuk memulai hari.

Sebaiknya dikonsumsi sesekali sebagai makan malam, dilengkapi dengan sayuran dan protein untuk menyeimbangkan nutrisinya.

Bijaklah dalam memilih makanan untuk dijadikan menu sarapan untuk diri anda dan keluarga tercinta. Buatlah sarapan sehat yang mengandung karbohidrat, protein serta vitamin.


Karena sarapan adalah peran penting bagi hidup, Pilihlah makanan yang bukan hanya sekedar untuk kenyang saja namun juga yang memberikan manfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: