Baking Soda hingga Garam Bisa Bersihkan Kerak Gosong Pada Panci

Baking Soda hingga Garam Bisa Bersihkan Kerak Gosong Pada Panci

Ilustrasi kerak gosong pada panci. -Foto: Shutterstock-Dedi--

OKU EKSPRES - OKES.NEWS - Panci adalah salah satu alat dapur yang sangat penting, dan sering kali kita memiliki lebih dari satu di rumah. 

Namun, kebersihan panci seringkali tidak sebanding dengan fungsinya yang vital. Noda gosong bisa dengan mudah menempel pada panci dan tidak mudah dihilangkan hanya dengan sabun cuci piring atau spons biasa. 

Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat memanfaatkan tiga bahan dapur yang dapat membantu membersihkan kerak gosong pada panci:

Baking soda (soda kue)

Soda kue dikenal sangat efektif untuk membersihkan noda membandel di panci. Campurkan baking soda dengan hidrogen peroksida dan beberapa tetes sabun cuci piring hingga membentuk pasta.

Oleskan pasta ini di bagian bawah panci yang terkena kerak, lalu diamkan selama 30 menit hingga satu jam. Setelah itu, gosok menggunakan sabut cuci dan bilas hingga bersih. 

BACA JUGA:Charlie Puth Umumkan Menikah dengan Brooke Sansone

BACA JUGA:Bhabinkamtibmas Dituntut Mampu Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif Selama Pemilukada

Jika kerak masih sulit dihilangkan, rendam panci dalam cuka selama 30 menit sebelum mengaplikasikan pasta baking soda lagi.

Saus tomat

Saus tomat juga bisa digunakan untuk meluruhkan kerak gosong. Tutupi bagian bawah panci dengan saus tomat dan biarkan selama beberapa jam atau semalaman. 

Setelah itu, gosok dengan sabut cuci yang telah diberi sedikit sabun cuci piring, lalu bilas hingga bersih.

Garam dan cuka

Jika cuka saja tidak cukup, tambahkan garam sebagai bahan abrasif. Garam dapat membantu menggosok kerak gosong, meskipun harus berhati-hati karena garam bisa menyebabkan goresan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: