NASA Kembangkan Rumah Ramah Lingkungan di Bulan Pakai Teknologi Jamur

NASA Kembangkan Rumah Ramah Lingkungan di Bulan Pakai Teknologi Jamur

NASA lagi serius menjajaki ide membangun rumah di Bulan yang ramah lingkungan, dengan menggunakan jamur. (Foto newatlas)--

OKES.NEWS - NASA lagi serius menjajaki ide membangun rumah di Bulan yang ramah lingkungan, dengan menggunakan jamur sebagai bahan utama.

Dilansir dari aljazeera ide keren ini, yang dinamai Mycotecture Off Planet, memanfaatkan kemampuan alami jamur untuk tumbuh dan membentuk struktur yang ringan, berkelanjutan, bahkan bisa memperbaiki dirinya sendiri.

Cara Kerja Mykotektur di Luar Angkasa

Proyek ini rencananya akan mengirim jamur dalam kondisi dorman (Tidak aktif) ke luar angkasa.

Jamur tersebut bisa bertahan selama perjalanan jauh sampai tiba di Bulan. Begitu sampai, mereka akan memasang rangka sederhana, kemudian jamur diaktifkan dengan menambahkan air.

Bagian jamur yang disebut mycelium, mirip akar, bakal tumbuh di sekitar rangka itu dan akhirnya membentuk rumah yang utuh dan fungsional.

BACA JUGA:Bill Gates Tak Lagi Masuk 10 Orang Terkaya Dunia, Sekarang di Peringkat 12 Global

BACA JUGA:Eliano Reijnders Berharap jalani Debut Sempurna Bersama Indonesia

Keuntungan Pakai Jamur

Salah satu keuntungan paling besar dari teknologi ini adalah pengurangan berat barang yang harus dibawa dari Bumi ke Bulan.

Dengan jamur sebagai bahan utama, NASA bisa menghemat banyak beban dan biaya pengiriman material bangunan yang biasanya berat.

Plus, jamur ini juga bisa memperbaiki dirinya sendiri! Jadi, kalau ada bagian rumah yang rusak, mycelium bakal tumbuh lagi dan memperbaikinya.

Lebih keren lagi, beberapa jenis jamur yang mengandung melanin bisa melindungi penghuni dari radiasi ultraviolet.

Ini penting banget untuk melindungi orang-orang yang tinggal di luar angkasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: