Harga Stabil, Budidaya Jagung di Lengkiti OKU Masih jadi Primadona

Harga Stabil, Budidaya Jagung di Lengkiti OKU Masih jadi Primadona

Harga jagung stabil di lengkiti--

BATURAJA, OKES.NEWS - Budidaya jagung hibrida di kecamatan Lengkiti Kabupaten OKU menunjukkan potensi yang cukup mengairahkan  untuk berkembang menjadi komoditas unggulan daerah.

Masyarakat di Lengkiti yang beraktifitas sebagai petani mengunggulkan tanaman jagung hibrida untuk menjaga ekosistem hingga panen raya.

Hal ini menjadikan budidaya jagung hibrida di Kabupaten OKU  sebagai peluang ekonomi yang sangat menjanjikan bagi petani setempat.

Dari sisi ekonomi, jagung hibrida dinilai sangat menguntungkan. Potensi hasil yang tinggi serta pangsa pasar yang besar menjadikan petani tidak kesulitan dalam memasarkan hasil panen.

Suryadi, salah seorang petani mengaku puas dengan hasill panen yang diraihnya sejak beberapa musim terakhir. Namun begitu kendala pupuk, cuaca dan hama masih menjadi masalah utama bagi petani yang mengancam keuntungan.

BACA JUGA:Menteri AHY Dukung 3 Hal Fundamental Pemerintahan Selanjutnya

BACA JUGA:Calon Gubernur Maluku Utara Meninggal Dunia Dalam Ledakan Speedboat

"Kami petani juga masih berharap ada bantuan dari pemerintah daerah terkait mengatasi hama termasuk pendistribusian pupuk subsidi yang kerap kehabisan stok," ungkapnya.

Untuk panen pertama, sambung Yadi sekitar bulan Februari. Sedangkan panen kedua awal Mei hingga Juni silam.

Siklus seperti ini dilakukan oleh petani jagung yang berada di Kecamatan Lengkiti.

"Kami panen dua kali setahun. Bertepatan kondisi wilayah sehingga jagung memungkinkan kami tanam dan panen lebih dari lebih satu kali,” tuturnya.

Jagung merupakan komoditas penting untuk pakan ternak, bahan pangan, dan industri, sehingga permintaannya selalu stabil. Sedangkan untuk harga masih stabil seperti dikisaran harga jagung kering per kilogramnya saat ini Rp 7.200. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: