Beton Super Tangguh Terinspirasi dari Tulang Manusia!

Beton Super Tangguh Terinspirasi dari Tulang Manusia!

Tim peneliti di Universitas Princeton baru-baru ini mengembangkan material semen yang jauh lebih tangguh. (Foto website engineering.princeton.edu)--

OKES.NEWS - Tim peneliti di Universitas Princeton baru-baru ini mengembangkan material semen yang jauh lebih tangguh, bahkan 5,6 kali lebih kuat dan tahan kerusakan dibandingkan dengan beton biasa.

Ide keren ini datang dari meniru struktur tulang kortikal manusia, tepatnya bagian luar tulang paha (femur) yang dikenal kuat dan tahan banting.

Dengan desain yang terinspirasi dari tulang, material ini mampu menahan retakan lebih lama dan mengurangi kemungkinan patah mendadak.

Desain Pintar Terinspirasi dari Tulang

Keunikan material ini terletak pada desainnya yang kreatif. Dilansir dari engineering.princeton.edu tim peneliti menggunakan struktur berbentuk silinder dan elips di dalam pasta semen untuk membuatnya lebih kuat.

Desain tubular ini membantu mengatasi retakan dengan lebih baik karena mencegahnya menyebar dengan cepat, sehingga material bisa menyerap lebih banyak energi sebelum akhirnya rusak.

Yang bikin beda, kalau biasanya penguatan semen dilakukan dengan menambahkan serat atau plastik, kali ini para peneliti hanya bermain dengan bentuk geometris tanpa menambahkan bahan apapun.

Desain saja sudah cukup untuk membuat semen ini jauh lebih tangguh tanpa mengurangi kekuatannya.

BACA JUGA:Dataland, Museum Seni AI Pertama di Dunia Akan Dibuka di Los Angeles pada 2025

BACA JUGA:Kalah Dari China, Indonesia Masih Tertahan di Peringkat 5

Aplikasi di Masa Depan

Inovasi ini punya potensi besar untuk dipakai di dunia konstruksi.

Bayangkan, bangunan yang lebih kuat dan tahan lama, plus perawatannya bakal jauh lebih jarang.

Jadi, nggak hanya bikin bangunan lebih aman, tapi juga ramah lingkungan karena nggak perlu sering-sering memperbaiki struktur beton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: