Kaji Potensi Gua Harimau

Kaji Potensi Gua Harimau

Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI menginisiasi kegiatan pendataan guna mengkaji potensi dan kebutuhan pelestarian Gua Harimau. (Foto: Istimewa)--

Dengan pendekatan ini, diharapkan situs Gua Harimau dapat terjaga dan dimanfaatkan secara bijak untuk generasi mendatang.

Gua Harimau memiliki potensi yang sangat besar, baik sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya, maupun pusat penelitian arkeologi yang memberikan dampak ekonomi bagi warga lokal. 

Kehadiran situs ini, selain sebagai aset budaya, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat melalui berbagai aktivitas yang melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta industri kreatif (ekraf) di sekitar kawasan wisata.

Potensi peningkatan ekonomi kerakyatan menjadi alasan utama pentingnya pelestarian Gua Harimau.

Para pengunjung yang tertarik dengan sejarah prasejarah dapat mendorong ekonomi lokal melalui peningkatan permintaan pada produk UMKM, seperti kerajinan tangan, kuliner khas, dan berbagai oleh-oleh unik lainnya. 

BACA JUGA:BRI Perkuat Sinergi dengan Badan Kepegawaian Negara untuk Peningkatan Layanan Perbankan

BACA JUGA:Yuk Ketahui, Program Bank BRI Untuk Pendidikan

Hal ini memberikan keuntungan ekonomi berkelanjutan yang berfungsi langsung bagi masyarakat setempat.

Situs ini juga dianggap sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bisa dioptimalkan. Oleh karena itu, pelestarian Gua Harimau bukan sekadar menjaga warisan budaya, tetapi juga investasi jangka panjang bagi Kabupaten OKU. 

Dengan pengelolaan profesional, situs ini diyakini mampu mendatangkan wisatawan dan peneliti, baik nasional maupun internasional, yang tertarik mempelajari warisan budaya prasejarah yang unik. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: