10 Wisata Favorit dan Wajib Kamu Kunjungi Saat ke Baturaja Kabupaten OKU

10 Wisata Favorit dan Wajib Kamu Kunjungi Saat ke Baturaja Kabupaten OKU

--

OKES.CO.ID – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) punya banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi.  Baik wisata alam maupun buatan yang tersebar di beberapa daerah yang ada di Kabupaten OKU.

Dari data OKU dalam angka (BPS, 2007) terdapat sekitar 42 wisata lebih. Sepuluh wisata diantaranya sering dikunjungi wisatawan dan wajib kamu kunjingi saat ke Baturaja, Kabupaten OKU.

Wisata-wisata tersebut tak kalah menariknya dengan daerah-daerah yang saat ini jadi primadona di daerah lain.

Berikut sembpuluh tempat wisata di Kabupaten OKU yang jadi favorit dikunjugi wisatawan:

BACA JUGA:TUTOR ! Tata Cara Shalat Jenazah dan hukumnya

1.Gua Puteri

Objek wisata Gua Puteri menjadi tempat wisata paling favorit di OKU. Objek wisata andalan Kabupaten OKU ini terletak di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji. Sekitar 230 km dari Palembang atau 35 km dari Baturaja.

Wisata ini hanya berjarak sekitar 1 km saja dari jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim.

Gua ini terkenal dengan legenda mengenai seorang putri bernama Puteri Dayang Merindu yang dikutuk menjadi sebuah batu.

BACA JUGA:KAMUS !!! Arti Kata Bahasa Ogan dan Maknanya

Tak hanya kental dengan cerita legendarisnya, di Gua Puteri ini, wisatawan juga bisa melihat keindahan keindahan stalakmit dan stalaktit.

2.Belanting River Tubing

Wisata air ini berada di Desa Kelumpang, Kecamatan Ulu Ogan.  Belanting River Tubing menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel.

Wisata air ini kini menjadi pilihan yang paling diminati dan aman untuk kategori keluarga.

BACA JUGA:Apakah Cowok Boleh Pakai Skincare?, Tentu Saja ! 3 Produk ini Patut Dicoba

Lokasinya berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Baturaja. Atau sekitar 2 jam perjalanan ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Buka setiap hari dari pukul 07.30-16.00 WIB, kecuali Jumat tutup.

3. Air Terjun Kambas

Objek wisata air terjun kambas terletak didesa Ulak Lebar. Jarak tempuh dari desa Ulak Lebar menuju lokasi air terjun kambas berkisar 1 jam berjalan kaki +30 menit.

Lokasi air terjun kambas berada pada ketinggian 425 m diatas permukaan laut dengan kordinat 040n06’34” LS dan 104007’33” BT.

BACA JUGA:Rian Pria Pemeran Sumpah Pocong di Palembang yang Sempat Viral Ditangkap Polisi

Perjalanan menuju lokasi yang melalui perbukitan masih alami, hutan dan perkebunan rakyta dengan menyusuri alur sungai Kambas yang hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki. objek wisata air terjun kambas memiliki ketinggian air yang jatuh berkisar 50 meter.

4.Air Panas Gemuhak

Objek wisata Air Panas Gemuhak terletak didesa Gunung Tiga dengan jarak tempuh sekitar 6 KM dari desa Gunung Tiga.

Objek wisata ini berada dalam kawasan hutang lindung dengan ketinggian 398 M diata permukaan air laut dengan koordinat 040 08’10” LS dan 103 043’23” BT dan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Objek wisata Air Panas Gemuhak memiliki beberapa sumber air panas dengan pusat air panas terbesar dapat menyemburkan air panas (gleiser) setinggi tiga meter.

BACA JUGA:BEASISWA!! PT Bukit Asam Buka Progam BIDIKSIBA, Ini Caranya

Tiap kali penyemburan air panas memiliki interval waktu sekitar 15 detik. Air Panas tersebut memiliki suhu berkisar 96,50C – 98C dan mengandung mineral-mineral yang berasa asin dan dapat dikonsumsi secara langsung.

5.Batu Lesung Bintang

Satu dari beberapa peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten OKU adalah Batu Lesung Bintang. Disebut Lesung Bintang karena batu tersebut berbentuk segi delapan yang ditengah-tengahnya terdapat lubang yang menyerupai lesung.

Aset wisata budaya ini terletak diatas bukit didesa Laya Kecamatan Baturaja Barat yang menempati areal seluas 2.500 M2, jaraknya 3 KM dari kota Baturaja sehingga mudah untuk dikunjungi. Di sana dapat ditemukan Batu berukir yang berbentuk sandi dan peta wilayah serta Batu tapak kaki.

BACA JUGA:CATAT !!! Syarat Pendaftaran Anggota Calon Bawaslu 2023-2028

6.Rantau Kumpai

Objek wisata Rantau Kumpai terletak di Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap, kira-kira 17 KM dari kota Baturaja. Wisata ini merupakan sebuah bendungan pengendali air bagi kehidupan masyarakat sekitarnya, luas areal mencapi + 6 Ha.

Tempat ini cukup nyaman sebagai tempat rekreasi diakhir pekan. Sekitar 1 jam dari tempat ini terdapat air terjun Tirta Selaya. Fasilitas tersedia di Rantau Kumpai adalah areal perkemahan, tempat pemancingan, shelter, becak air dan Mushola.

7.Mendingin

Objek wisata yang terletak di Kecamatan Ulu Ogan ini masih dapat dijumpai panorama alam yang masih asli. Diantaranya beraneka ragam tumbuhan yang masih hijau, hamparan sawah dan perkebunan penduduk serta beberapa jenis binatang hutan yang relative punah diantaranya monyet putih, aneka ragam jenis burung serta binatang lainnya.

BACA JUGA:Kasus Korupsi Dinas Pertanian OKU Tunggu Audit BPKP

Lokasi Kecamatan Ulu Ogan dapat ditempu dengan kendaraan roda empat maupun roda dua dengan waktu 2,5 Jam perjalanan dari Kota Baturaja.

8.Mandi Hawa

Objek wisata ini terletak di Desa Tualang Kecamatan Lengkiti dengan jarak dari Baturaja 43 KM. Untuk menuju lokasi Mandi Hawa harus melalui jalan setapak 2 KM mengitari tepian sungai Saka.

Menurut Legenda objek wisata Mandi Hawa merupakan tempat pertempuran perebutan wilayah Puyang Deham dengan Puyang Lampung Abung. Disana akan ditemukan peninggalan dari pertempuran kedua puyang tersebut yaitu Batu Asahan, Kolam Darah dan Kuburan Puyang.

Batu Asahan merupakan tempat mengasah senjata sebelum perperangan, kolam darah konon merupakan tempat mengubur mayat-mayat korban pertempuran sedangkan kuburan Panjang terletak dihulu sungai Saka 15 menit berjalan kaki.

BACA JUGA:11 Cara Mudah jadi Konten Kreator sukses buat Video

9.Bukit Pelawai

Bukit Pelawi terlekat di Kecamatan Baturaja Barat tepatnya di 4 wilayah desa : Desa Laya, Desa Pusar, Desa Batu Kuining dan Desa Karang Agung dengan ketinggian puncak bukit pelawi 990 mdpl.

Bukit pelawi secara geografis mempunyai ekosistem hayati dan hewani dapat dijumpai berbagai jenis binatang primata (monyet, lutung, beruk ekor pendek), babi, macan akar, menjangan.

Keanekaragaman hayati ialah beberapa jenis tanaman kayu seperti kayu pulay, bambang lanang, bungur, duren, duku dan tanaman karet.

BACA JUGA:HEBOH!! Jadi Calo Tiket Konser Coldplay, Putri Indonesia Intelegensia Lycie Joanna Dihujat Netizen

10.Gua Harimau

Goa Harimau terletak di desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU, berjarak kira-kira 35 KM dari kota Baturaja. Untuk menuju gua harimau harus menelusuri jalan setapak sejauh 4 KM melewati Sungai Haman (Aek Haman).

Sebanyak 81 kerangka manusia kuno berusia belasan dirbu tahun dari Ras Mongoloid berhasil ditemukan dimulut gua harimau oleh Tim penelitian arkeologi nasional (Puslit Arkenas) Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI.

Kerangka manusia yang ditemukan tidak lagi termasuk dalam kategori manusia purba melainkan manusia kuno. Dikategorikan manusia kuno mengingat secara fisik bentuknya seperti manusia modern. Kemudian mereka juga sudah mengenal senjata yang dibuat dari batu, makanya juga sudah omnivora.

BACA JUGA:Dirujak Netizen, Dokter Ngabila PNS Viral Pamer Gaji Rp34 Juta di Media Sosial Minta Maaf

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: