Hey Pe Touring, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Pusing

Sabtu 21-01-2023,11:05 WIB
Reporter : Rifki Andani
Editor : Mustofa

BACA JUGA:Bentrok Berdarah di Pasar OKU Selatan, Empat Korban Ambruk Ditebas Parang

OKES.CO.ID, OTOMOTIF - Touring menggunakan sepeda motor kerap dilakukan sejumlah masyarakat. Khususnya mereka yang berusia produksi.

 BACA JUGA:Gadis Belia yang Masih Duduk di Sekolah Dasar Dicabuli Pelajar SMP

Biasanya para perantau yang mudik saat hari raya. Atau hanya sekedar Plesiran ke daerah tertentu saat mengisi liburan.

 BACA JUGA:Bupati Lahat Periode 1998-2008 Meninggal Dunia

Ada beberapa keuntungan bepergian jauh menggunakan sepeda motor. Selain katanya hemat biaya. Juga pengalaman yang dirasakan sepanjang perjalanan.

 BACA JUGA:Keluh Kesah Petani saat Harga Getah Karet Kian Merosot

Namun tidak bisa dipungkiri, kerugian perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, sudah pasti bakal kepanasan maupun kehujanan.

 BACA JUGA:Petir Dashyat Sambar Rumah Warga di Jember, Kondisinya Memprihatinkan

Belum lagi rasa lelah yang luar biasa. Apalagi jika touring memakan waktu hingga berhari-hari. Ditambah lagi jika perjalanan dilakukan sering bukan berkoloni.

 BACA JUGA:Menag Usulkan Biaya Haji 2023 jadi Rp 69 juta

Nah apapun resiko yang bakal dihadapi, jika tetap hendak touring sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Khususnya pada kuda besi yang akan dipacu untuk perjalanan jauh. Selain kondisi tubuh harus prima.

 BACA JUGA:Daftar Hotel di Baturaja dengan Tarif Bersahabat

Jangan sampai touring yang direncakan indah, justru berantakan di tengah perjalanan.

 

Apasaja yang harus diperhatikan sebelum perjalanan dimulai. Kami ulas beberapa point' pentingnya.

 

Kelengkapan berkendara.

1.       1.  Surat kendaraan.

2.        Hal ini penting agar perjalanan tidak terganggu gara-gara surat kendaraan kamu tertinggal di rumah.

2. Sarana keamanan.

Ini sangat penting. Perjalanan jauh wajib mengenakan helm. Baik pengemudi maupun boncenger. Selain jaket untuk mengurasi terpaan angin ke tubuh.

3. Pakai deker pelindung.

Fungsi deker sama seperti helm. Melindungi bagian-bagian yang beresiko fatal jika terjadi hal yang tak diinginkan.

4. Tubuh Fit.

 Ini sangat penting. Ketika semua kelengkapan sudah cukup, namun jika tubuh tidak fit, sebaiknya jadwal perjalanan diubah. Jangan dipaksakan jika resikonya bakal besar.

5. Jangan Memaksa.

Ketika di perjalanan tubuh mulai lelah, perjalanan jangan dipaksakan. Cari tempat aman untuk mengistirahatkan tubuh. Hal ini pula untuk menjaga stamina selama perjalanan hingga sampai tujuan.

6. Batasi Penumpang.

Ini harus dihindari  jumlah penumpang dalam satu kendaraan. Karena dengan jumlah penumpang yang berlebih, keseimbang an  berkendara akan berkurang dan beresiko besar terjadinya kecelakaan.

 

Kesiapan kendaraan.

1. Bagian-bagian kendaraan yang fital harus diperiksa maksimal. Terutama yang digunakan untuk mengantisipasi kecelakaan. Seperti sistem pengeraman. Pastikan berjalan normal.

2. Pastikan tekanan angin pada ban motor sudah pas. Artinya tidak terlalu kencang atau kempes. Karena keduanya bakal menghambat perjalanan.

3. Oli mesin harus diganti sebelum perjalanan dimulai. Meski oli baru diganti, namun jarak yang akan ditempuh serta tenaga mesin yang prima harus ditopang oli yang baru.

4. Rantai penggerak roda serta gir motor pastikan semuanya bagus. Jika rantai kendur atau gir mulai gundul, sebaiknya diganti. Karena perjalanan jauh tentu akan membuat gir lebih cepat terkikis.

 Hal ini untuk menekan resiko mesin terkunci dalam perjalanan. Khusus untuk kendaraan 2 tak, oli samping jangan sampai terlupakan.

5. Kunci atau alat perbengkelan sederhana wajib dibawa. Hal ini untuk mengatasi urgensi di dalam perjalanan. Bagian ini penting tak penting. Namun, jika bertemu persoalan ini dipastikan kamu dibikin pusing.

 

Nah beberapa tips sebelum touring ini sebaiknya diperhatikan baik-baik. *

Kategori :