5 Langkah Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Rabu 04-09-2024,11:00 WIB
Reporter : Dedi
Editor : Aris Munandar

OKES.NEWS - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi serius yang dapat menyerang siapa saja. 

Meski sering kali tidak menimbulkan gejala, hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan bahkan kematian.

Tekanan darah normal berada di kisaran 120/80 mmHg. Namun, jika tekanan darah mencapai 130/80 mmHg atau lebih, kondisi ini sudah tergolong hipertensi. 

Berbagai faktor dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, termasuk gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan buruk dan kurangnya aktivitas fisik. 

Kondisi kesehatan lain seperti diabetes dan obesitas juga dapat memicu hipertensi. Namun, tidak perlu khawatir, karena tekanan darah tinggi dapat dikendalikan dengan beberapa langkah berikut.

BACA JUGA:Menteri AHY Berikan Ceramah Inspiratif di SMA Taruna Nusantara

BACA JUGA:Pengalaman adalah Sumber Pengetahuan yang Paling Berharga

Menurut Halodoc, ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah dengan cepat, dan sebaiknya dilakukan secara konsisten agar tekanan darah tetap stabil.

Latihan Otot Pernapasan

Meski sering dianggap sepele, latihan otot pernapasan, atau Inspiratory Muscle Strength Training (IMST), dapat menurunkan tekanan darah dalam waktu singkat. 

Menurut Journal of the American Heart Association, latihan ini memperkuat diafragma dan otot pernapasan, serta menjaga kesehatan jantung.

Mengatur Pola Makan

Untuk menurunkan tekanan darah, disarankan untuk mengganti makanan tinggi gula, karbohidrat olahan, dan biji-bijian dengan buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak. 

BACA JUGA:Samsung Galaxy M05 Segera Meluncur Ini Bocoran Terbarunya

BACA JUGA:Menjaga Kerendahan Hati dalam Kehidupan Sehari-hari

Kategori :