Banner Sekwan DPRD OKU 2024

Idul Adha: Muhammadiyah 9 Juli, Pemerintah 10 Juli

Idul Adha: Muhammadiyah 9 Juli, Pemerintah 10 Juli

OKES.CO.ID, JAKARTA – Perayaan Idul Adha atau Idul Kurban antara Muhammadiyah dan pemerintah tahun ini berbeda. Muhammadiyah mentapkan Idul Adha pada 9 Juli. Sedangkan pemerintah keesokan harinya, 10 Juli.  

BACA JUGA: Belum Ada Ternak di OKU Terjangkit PMK

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menjelaskan penetapan 1 Zulhijah dan Idul Adha 2022. Ia mengatakan, 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada 30 Juni hari ini. Artinya, Idul Adha versi Muhammadiyah akan jatuh pada 9 Juli mendatang.

“Sedangkan Hari Arafah jatuh pada 8 Juli 2022,” lanjutnya. Oleh karena itu, ia mengimbau warga Muhammadiyah untuk menunaikan ibadah Idul Adha sesuai dengan ketetapan PP Muhammadiyah.

BACA JUGA: Kasus PMK Meluas, Sumsel Zona Kuning

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijah jatuh pada 1 Juli besok. Sehingga Idul Adha jatuh pada 10 Juli.

"Kita mengetahui ada perbedaan Hari Raya Idul Adha," ujar Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi KH Abdullah Jaidi.

Ia mengatakan perbedaan waktu adalah hal biasa. Meski begitu, Jaidi mengimbau agar perbedaan ini tidak membuat masyarakat pecah.

"Hal seperti ini adalah hal yang biasa terjadi di tengah-tengah kita. Jangan sampai perbedaan itu membuat perpecahan," jelas Jaidi. (alv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: