Banner Sekwan DPRD OKU 2024

Berikut Lokasi Salat Id Warga Muhammadiyah di Baturaja

Berikut Lokasi Salat Id Warga Muhammadiyah di Baturaja

OKES.CO.ID, OKU - Pimpinan Muhammadiyah Daerah (PDM) OKU telah menetapkan sejumlah tempat untuk salad Id pada Idul Adha mendatang.

Muhammadiyah telah menetapkan 10 Dzulhijjah tahun ini pada 9 Juli mendatang. Keputusan ini berbeda dengan pemerintah yang menetapkan 10 Dzulhijjah keesokan harinya atau 10 Juli.

BACA JUGA: Pelaksanaan Sholat Idul Adha Dibolehkan, Asalkan...

Ketua Pimpinan Muhammadiyah Daerah (PDM) OKU Marratu Fahri menyebutkan, ada tiga masjid yang akan digunakan sebagai lokasi salad Id warga Muhammadiyah di Baturaja. Yaitu Masjid Kampoeng Kauman Pasar Baru, masjid Dusun Baturaja, dan masjid Attaqwa Sekarjaya.

“Seluruh warga Muhammadiyah di Kabupaten OKU akan mengikuti maklumat PP Muhammadiyah,” kata Fahri.

BACA JUGA: Gubernur Ajak Warga Bersyukur Bisa Salat Ied

Sebelumnya, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menjelaskan penetapan 1 Zulhijah dan Idul Adha 2022. Ia mengatakan, 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada 30 Juni hari ini. Artinya, Idul Adha versi Muhammadiyah akan jatuh pada 9 Juli mendatang.

“Sedangkan Hari Arafah jatuh pada 8 Juli 2022,” lanjutnya. Oleh karena itu, ia mengimbau warga Muhammadiyah untuk menunaikan ibadah Idul Adha sesuai dengan ketetapan PP Muhammadiyah.

BACA JUGA: Idul Adha: Muhammadiyah 9 Juli, Pemerintah 10 Juli

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijah jatuh pada 1 Juli besok. Sehingga Idul Adha jatuh pada 10 Juli.

"Kita mengetahui ada perbedaan Hari Raya Idul Adha," ujar Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi KH Abdullah Jaidi.

Ia mengatakan perbedaan waktu adalah hal biasa. Meski begitu, Jaidi mengimbau agar perbedaan ini tidak membuat masyarakat pecah.

"Hal seperti ini adalah hal yang biasa terjadi di tengah-tengah kita. Jangan sampai perbedaan itu membuat perpecahan," jelas Jaidi. (alv/net)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: