Banner Sekwan DPRD OKU 2024

Disnakkan OKU Selatan Mulai Vaksinasi Hewan

Disnakkan OKU Selatan Mulai Vaksinasi Hewan

OKES.CO.ID, OKU SELATAN - Guna mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada terhadap hewan ternak, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) OKU Selatan resmi memulai vaksinasi PMK pada hewan ternak Sapi.

Vaksinasi ini dimulai di Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT), kemarin (30/6).

Vaksinasi ini disaksikan Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir; Waka Polres OKU Selatan Kompol Iwan Wahyudi; Kepala Disnakkan OKU Selatan Parida Ariani; Camat BPRRT, dan pemilik hewan ternak.

BACA JUGA: Kasus PMK Mengintai OKU

Kepala Disnakkan OKU Selatan Parida Ariani mengatakan, vaksinasi ini adalah bagian dari kewaspadaan dan pencegahan hewan kurban tertular PMK.

Dikatakannya, pada awal vaksinasi ini, OKU Selatan mendapatkan alokasi vaksin PMK sebanyak 500 dosis untuk 500 ekor sapi. Vaksinasi berikutnya akan dilakukan 3 bulan mendatang.

"Vaksinasi ini dilaksakan di beberapa kecamatan. Seperti kecamatan BPRRT, Banding Agung, Buay Rawan, Buay Pemaca dan Kecamatan Simpang," terangnya.

BACA JUGA: Kasus PMK Meluas, Sumsel Zona Kuning

Ia menambahkan, sejauh ini di OKU Selatan belum ditemukan PMK pada sapi.

"Jika ada gejala penyakit (PMK), maka akan segera diambil sampel guna dicek ke laboratorium untuk memastikan sakit yang diderita hewan ternak tersebut," tuturnya

Apalagi saat ini OKU Selatan belum memiliki dokter hewan sebagai tenaga vaksinator. Sehingga vaksinasi di OKU Selatan dibantu PDHI Sumsel.

"Vaksinasi di OKU Selatan dibantu 4 dokter hewan selaku vaksinator dari PDHI Sumsel", terangnya. (dal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: okuselatan.disway.id