Hujan Intensitas Menengah Intai OKU

Hujan Intensitas Menengah Intai OKU

OKES.CO.ID, OKU - Hujan masih berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Dengan skala yang bervariasi. Mulai dari intensitas rendah hingga menengah.

Hujan di Kabupaten OKU, dikatakan Kepala BPBD OKU Amzar Kristopa melalui Manager Pusdalops Gunalfi, masih terjadi dengan skala menengah.

BACA JUGA:Tujuh Kecamatan di OKU Diguyur Hujan, Ini Pesan BPBD OKU

"Diperkirakan masih terjadi hingga 24 Juli mendatang. Ini prakiraan cuaca BMKG yang kami terima,” ujarnya, Sabtu (16/7).

Dinamika atmosfer skala global dan regional mempengaruhi penyebab hujan di masa kemarau. Salah satunya fenoman La Nina yang terindentifikasi BMKG yang masih namun sangat lemah. 

BACA JUGA: Diguyur Hujan Deras Sebagian Jalan Utama Tergenang

"La Nina terdeteksi masih aktif pada Juli ini. Namun sangat lemah. Kondisi berpengaruh terhadap penyediaan uap air di atmosfer Indonesia,” katanya menjelaskan hasil prakiraan cuaca BMKG. 

Sementara fenomena Dipole Mode di kawasan Samudra Hindia berpengaruh meningkatnya curah hujan. Terutama di Indonesia bagian barat.

BACA JUGA: Akibat Hujan Deras, 270 KK di OKU Kebanjiran

"Dalam skala regional, ada fenomena gelombang aktif yang meningkatkan konventif serta terbentuknya awan hujan,” tandasnya. (stf)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: