Eco Enzyme Sudah Siap gunakan

Eco Enzyme Sudah Siap gunakan

OKES.DISWAY.ID, OKU - Setelah hampir 3 bulan, pembuatan Eco Enzyme yang dibuat bersama - sama dari beberapa sekolah, dalam waktu dekat sudah akan digunakan. Apalagi kesiapan sekolah - sekolah yang berada dipinggiran sungai sudah menunjukan kesiapannya.

 

Salah satunya SD Negeri 2 OKU yang sudah siap untuk dituangkan ke sungai.

 

"Nanti Eco Enzyme ini akan dituangkan ke sungai pada Jumat, 29 Juli 2022, sekaligus memperingati Hari Jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Pembuatan Eco Enzyme ini sudah kita mulai pada bulan Mei lalu, yang dibuat anak - anak SDN 2 OKU kelas V dan VI," ucap Kepala SD Negeri 2 OKU, Hj Tuti Yulidar SPd.

 

Apalagi, lanjut Tuti, bahan - bahan membuat Eco Enzym sangat mudah yakni dari sampah - sampah organik bekas sayuran atau buahan dan diolah dengan sederhana tetapi efeknya sangat luar biasa.

 

"Jadi eco enzyme ini adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik semisal ampas buah dan sayuran, gula merah, dan juga air. Ia memiliki warna cokelat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang cukup kuat. Manfaatnya sangat banyak sekali, salah satunya yaitu tadi untuk membersihkan  atau menjernihkan air," terang Tuti.

 

Dilanjutkan Tuti, untuk SD Negeri 2 OKU ini, nanti ada 2 drum besar yang nantinya eco enzyme akan dituangkan di Sungai Ogan.

 

"Tapi sisanya nanti juga akan kita coba untuk di lingkungan sekolah," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: