Disdik OKU Gelar Bimtek P2K2S

Disdik OKU Gelar Bimtek P2K2S

Pj Bupati OKU bersama dengan nara sumber dan peserta.-Foto: jeki/oke.co.id-

OKU, OKES.CO.ID - Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Disdik OKU mengadakan bimbingan teknis pelatihan untuk guru PAUD se Kabupaten OKU Pengasuhan Penuh Kesadaran dan Kasih Sayang (P2K2S). 

Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten OKU dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Center of Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) salah satunya di bidang pendidikan yaitu ”bimbingan teknis Pengasuhan Penuh Kesadaran dan Kasih Sayang (P2K2S). 

Bimtek ini dihadiri Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah S.STP MM MPd; Direktur SEAMEO CECCEP Prof. Vina Adriany, M.Ed., PhD; Direktur Deputy Program ITH Vuthy, M.Sc., M.A; Bunda PAUD OKU Hj. Zwesti Karenia S.E; Plt Kepala Disdik OKU Alfarizi SE Ak; Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Ahmad Azhar S.STP MM; Kabid Pembinaan SD Subri MPd MSi, Kabid Pembinaan SMP M. Darojatun SE ME; Ketua IGTKI PGRI Kabupaten OKU Liliya Efrita SPd AUD; dan tim instruktur dari SEAMEO CECCEP.

BACA JUGA: ANBK Tidak Menentukan Kelulusan Siswa

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah S.STP MM MPd menjelaskan keterlibatan orang tua merupakan aspek penting dalam sebuah pendidikan terutama dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 


Foto Bersama-Foto: jeki/oke.co.id-

"Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama anak dan merupakan orang yang pertama kali berinteraksi dengan anak. peran orang tua dalam hal pendidikan bagi anak, tidak dapat tergantikan sekalipun anak telah dididik di lembaga paud. untuk itu, orang tua harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan proses pengasuhan anak. Keterlibatan orang tua dapat membuat anak berkembang tidak hanya pada satu aspek, tetapi pada berbagai aspek perkembangan," pungkasnya.

Namun mantan Kepala Disdik OKU ini mengatakan kenyataan yang dijumpai di masyarakat masih banyak orang tua yang menyerahkan sepenuhnya tentang pendidikan anak kepada sekolah. 

BACA JUGA: IGTKI PGRI OKU Gelar Rapat Bulanan

"Sekolah berada dalam posisi yang cukup sulit karena menjadi tulang punggung keberhasilan anak. sementara itu, untuk memastikan keberhasilan pendidikan dan perkembangan anak diperlukan kerjasama yang harmonis antara penyelenggara pendidikan dan orang tua. Saya berharap penyelenggaraan bimtek  pengasuhan penuh kesadaran dan kasih sayang dapat bermanfaat bagi para orangtua, bagi pengelola paud dan lembaga terkait lainnya dalam rangka menyelaraskan antara pendidikan yang dilakukan di lembaga paud dengan pendidikan di rumah sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak dapat tercapai secara optimal," jelasnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Alfarizi menjelaskan bimtek ini diikuti 70 orang guru TK/KB se Kabupaten OKU. Terdiri dari 34 orang guru Kelompok Bermain (KB), 35 guru Taman Kanak-kanak (TK) dan 1 guru SPS (Satuan Pendidikan Sejenis). 

"Kita berharap kepada peserta yang mengikuti bimtek ini dapat meningkatkan kompetensi pendidik dalam pengelolaan kelas orang tua, serta memahami tentang pola asuh orang tua terhadap anak dengan penuh kesadaran dan kasih sayang," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: