banner pdam

Bakal Terapkan IKM, PGRI-Disdik OKU Gelar Seminar

Bakal Terapkan IKM, PGRI-Disdik OKU Gelar Seminar

Penyerahan plakat dari Plt Kepala Disdik OKU Alfarizi SE Ak MPd kepada narasumber dari BPMP Sumsel Dra.Hj Wahyuni Apriyati, M.Pd didampingi oleh Kabid Pembinaan SMP M. Darojatun SE ME, wakil ketua PGRI 1 Syaihon SPd MM.-Foto: Ist.-

OKU, OKES.CO.ID - Pengurus PGRI OKU menggelar seminar pendidikan tentang Kurikulum Merdeka. Seminar ini digelar sebagai bagian dari peringatan HUT Ke 77 PGRI dan HGN tahun 2022. 

Persiapan perubahan kurikulum harus mulai diterapkan di semua satuan pendidikan. Salah satu persiapan menjelang penggunaan kurikulum baru tersebut adalah seminar Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Seminar IKM bertujuan agar guru dapat mempersiapkan diri dalam melaksanakan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2023/2024 mendatang. Kurikulum ini diharapkan bisa membuat siswa mengenali minat dan bakatnya.

BACA JUGA: Drumband Pesona Nada Harmoni SMPN 13 OKU Miliki Prestasi

Seminar IKM ini dilaksanakan di aula Disdik OKU yang dihadiri oleh Plt Kepala Disdik OKU Alfarizi, Kabid Pembinaan SMP M. Darojatun, 80 peserta yang mewakili kecamatan kecamatan dari TK, PAUD, SD dan SMP, serta narasumber dari BPMP Sumsel Dra.Hj Wahyuni Apriyati, M.Pd. 

Tema yang diusung dalam seminar ini adalah Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan Merdeka Belajar Demi Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

"Untuk memahami Kurikulum Merdeka. selain mengikuti seminar, dapat juga melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang mesti diselesaikan oleh para pendidik sehingga dapat memahami secara mandiri,” kata Plt Kepala Disdik OKU Alfarizi.

BACA JUGA: Ribuan Pelajar Ikuti Jalan Sehat dan Parade Drumband

Ia menambahkan, para guru juga bisa memanfaatkan komunitas belajar seperti MGMP, KKG, MKKS, K3S untuk dapat berbagai pengetahuan. “Hasil seminar yang didapat diharapkan bisa disosialisasikan kepada sesama pendidik," pungkas Alfarizi.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 PGRI OKU Syaihon SPd MM mengingatkan para guru dapat mempersiapkan diri lebih awal dalam melaksanakan kurikulum merdeka. 

"Seminar ini untuk meningkatkan strategis pengurus PGRI OKU terutama di bidang Keprofesian untuk membangun sikap, keterampilan dan pengetahuan terutama pada anggota PGRI atau tenaga Pendidik di Kabupaten OKU, selain itu mensosialisasikan Kebijakan Pemerintah dalam hal ini Kemdikbudristek yaitu Penerapan Kurikulum Merdeka pada setiap jenjang satuan pendidikan di Kab OKU," jelasnya.

Sumber: