Rajab, Spirit Merawat Jagat Membangun Peradaban

Rajab, Spirit Merawat Jagat Membangun Peradaban

Ust. Ahmad Yasin,S.H.I.,M.Pd.--

 

Dari ayat ini kita bisa memahami ketakwaan bisa membuahkan keberkahan. Dengan ketakwaan yang kuat, seseorang akan mampu menjauhkan diri dari segala yang dilarang oleh Allah seperti kemusyrikan dan berbuat kerusakan di bumi. 

 

Dengan hal ini maka niscaya Allah akan melimpahkan kebaikan yang banyak, baik dari langit seperti hujan yang menyirami dan menyuburkan bumi, sehingga tumbuhlah tanam-tanaman dan berkembang-biaklah hewan ternak yang kesemuanya sangat diperlukan bagi manusia.

 

Selain kebaikan dari langit, keberkahan dan kebaikan pun akan muncul dari bumi di antaranya adalah banyaknya kesempatan manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan, serta kemampuan memahami Ayatullah (tanda-tanda kekuasaan Allah) dan Sunnatullah (ketentuan Allah) yang berlaku di alam ini. 

 

Hal ini akan menjadi sumber kemaslahatan untuk membina kehidupan yang baik, serta menghindarkan malapetaka sebab tidak mensyukuri nikmat dan karunia-Nya.  

 

Ayat ketakwaan ini mengingatkan kepada kita semua untuk senantiasa merawat jagat ini baik secara jasmani maupun ruhani. Secara jasmani kita harus menjaga alam agar senantiasa mampu menjadi tempat tinggal yang nyaman dan sehat jauh dari musibah seperti banjir, tanah longsor, dan pemanasan global. 

 

Sementara secara rohani kita harus menjaga suasana kehidupan di dunia ini jauh dari permusuhan, konflik, dan peperangan yang membawa kepada kesengsaraan dan keterpurukan. 

 

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah, 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: