Pentingnya Menjaga Lisan dan Tulisan

Pentingnya Menjaga Lisan dan Tulisan

Ust. Ahmad Yasin,S.H.I.,M.Pd.--

 

Jamaah Shalat Jumat yang Dimuliakan oleh Allah SWT

 

Dalam kesempatan yang sangat baik ini, pertama saya wasiat untuk diri saya dan para jamaah, agar kita senantiasa berusaha meningkatkan kualitas iman kita kepada Allah SWT. Dengan menjalankan segala yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi larangan-larangan. Dengan begitu Allah akan memberikan keselamatan hidup di dunia maupun di akhirat

 

Jamaah Shalat Jumat yang Dimuliakan oleh Allah SWT

 

Salah satu wujud dari takwa kita kepada-Nya adalah dengan senantiasa menjaga lisan, baik berupa perkataan yang diucapkan secara langsung maupun berupa tulisan. Lisan merupakan salah satu dari anggota tubuh yang paling penting untuk dijaga karena lisan ini bisa menjadi ladang pahala, jika digunakan untuk kebaikan, berzikir, dan mengucapkan perkataan yang baik. Ucapan yang baik, baik secara langsung maupun tulisan pasti menuai hal yang baik. Sebagaimana dalam firman-Nya:

 

إِلَیۡهِ یَصۡعَدُ ٱلۡكَلِمُ ٱلطَّیِّبُ وَٱلۡعَمَلُ ٱلصَّـٰلِحُ یَرۡفَعُهُۥۚ

 

Kepada-Nyalah akan naik perkataan-perkataan yang baik, dan amal kebajikan Dia akan mengangkatnya.

 

Di samping lisan ini bisa menjadi ladang kebaikan, lisan juga bisa menjadi gudang dosa dan mendatangkan berbagai keburukan jika digunakan dalam keburukan. Salah satu contohnya, digunakan untuk membicarakan keburukan orang lain, mengadu domba. Sehingga dengan ucapannya atau tulisannya dapat menyebabkan permusuhan antar sesama. Begitu juga apabila lisan ini dipakai untuk mengucapkan kata kotor, hal itu tidak hanya akan menimpa dirinya, melainkan juga akan mendapat balasan di akhirat nanti. Dalam sebuah hadis dikatakan:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: