Pentingnya Menjaga Lisan dan Tulisan

Pentingnya Menjaga Lisan dan Tulisan

Ust. Ahmad Yasin,S.H.I.,M.Pd.--

وَهل يَكبُّ النَّاسَ في النَّارِعلَى وجوهِهِم، أوعلَى مناخرِهم، إلَّا حصائدُ ألسنتِهم.

 

Adakah yang menjadikan orang menyungkurkan wajahnya di dalam Neraka selain disebabkan oleh ucapan yang keluar dari lisan mereka?

 

Dalam hadis yang lain:

 

إنَّ العَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بالكَلِمَةِ مِن رِضْوانِ اللَّهِ، لا يُلْقِي لها بالًا، يَرْفَعُهُ اللَّهُ بها دَرَجاتٍ، وإنَّ العَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بالكَلِمَةِ مِن سَخَطِ اللَّهِ، لا يُلْقِي لها بالًا، يَهْوِي بها في جَهَنَّمَ.

 

Sesungguhnya ada seorang hamba berucap perkataan yang mengundang ridha Allah, ia tidak memedulikannya, maka niscaya Allah akan mengangkat derajatnya karena ucapan-ucapan baik yang diniatkan untuk mencari ridha Allah. Dan sesungguhnya seorang hamba berucap perkataan yang mengundang kemarahan Allah, ia tidak memedulikannya, niscaya Allah akan menyeburkan dirinya ke dalam neraka Jahannam.

 

Jamaah Shalat Jumat yang Dimuliakan oleh Allah SWT

 

Dari kedua hadis yang disebutkan tadi bahwa lisan ini merupakan salah satu anggota tubuh manusia yang sangat penting. Dengan lisannya orang bisa selamat di dunia, begitupun di akhiratnya. Tetapi manusia juga bisa celaka dunia dan akhirat dengan lisannya. Oleh karena itu, lisan harus dijaga dan dihiasi dengan perkataan-perkataan yang baik, entah itu berupa lisan atau tulisan. Allah membuat perumpaan antara lisan yang baik dan buruk dalam Q.S. Ibrahim 24-27:

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: