Bukan Lengkiti dan Semidang Aji, Inilah Kecamatan Terluas di Ogan Komering Ulu Sumsel

Bukan Lengkiti dan Semidang Aji, Inilah Kecamatan Terluas di Ogan Komering Ulu Sumsel

ilustrasi-foto ist-

Bukan Lengkiti atau Semidang Aji,  inilah Urutan Kecamatan terluas di Ogan Komering ULU 

OKU-OKES.NEWS -Setelah sebelumnya membahas 6 Kecamatan Terkecil di Ogan Komering Ulu. Kini giliran membahas kecamatan mana yang memiliki batas wilayah terluas dari 13 kecamatan di OKU.

Seperti yang sudah anda ketahui, Kabupaten OKU terbagi menjadi 13 Kecamatan, 14 kelurahan dan 143 desa.

Namun tahukah kamu, jika dari 13 kecamatan tersebut daerah mana yang tercatat memiliki batas daerah paling luas. Berikut ini dafta luas daerah di Kabupaten Ogan Komering dari luas terkecil hingga terluas.

BACA JUGA:SIMAK ! 6 Kecamatan Terkecil di Ogan Komering Ulu, Ada Baturaja Timur, Nomor Enam Paling kecil

Menurut catatan Badan Pusat Statistik kabupaten OKU,  13 kecamatan yang terangkum dalam wilayah Sebimbing Sekundang dengan nama kota Baturaja tersebut, dimulai dari terkecil hinga terluas di antaranya : 

1. Sosoh Buay Rayap: Berada diurutan ke tujuh sebagai Kecamatan terluas di Kabupaten OKU dan terbagi menjadi 11 desa dengan batasan wilayah seluas  385.3 KM2 atau hanya 8.03 persen dari bagian OKU.

Dengan begitu Kecamatan Sosoh Buay Rayap memiliki 11 desa  terdiri dari Bandar, Kungkilan, Lubuk Baru, Lubuk Leban, Penyandingan, Penantian, Mekar Jaya, Mekar Sari, Negeri Sindang, Rantau Kumpai, Tungku Jaya.

2. Lengkiti: Berada diurutan ke ke enam sebagai kecamatan yang memliki luas wilayah terluas di OKU.

Dengan batasan wilayah seluas  512.93 KM2 atau hanya  10.69 persen bagian dari kabupaten OKU. Lengkiti terbagi dari 22 Desa diantaranya,Bandar Jaya, Bumi Kawa, Bunga Tanjung, Fajar Jaya, Gedung Pakuon, Karang Endah, Lubuk Hara, Lubuk Dalam, Pajar Bulan, Pagar Dewa, Negeri Agung, Negeri Ratu, Segara Kembang, Simpang Empat, Sukaraja, Sundan, Tanjung Agung, Tanjung Lengkayap, Tihang, Tualang, Umpam, Wai Heling.

3. Pengandonan: Berada diurutan ke lima atas batas wilayah terluas di OKU.

Pengandonan tercatat memiliki luas wilayah 543.61 KM2 atau hanya 11.33 persen dari bagian kabupaten OKU.

Daerah ini memiliki 12 Desa yaitu Belambangan, Gunung Kuripan, Gunung Liwat, Gunung Meraksa, Kesambirata, Pengandonan, Semanding, Tangsi Lontar, Tanjungan, Tanjung Pura, Tanjung Sari, dan Ujanmas. 

BACA JUGA:SIMAK ! 6 Kecamatan Terkecil di Ogan Komering Ulu, Ada Baturaja Timur, Nomor Enam Paling kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: