Manfaatkan Teknologi Input Data PAT Jelang Bagi Rapor Siswa

Manfaatkan Teknologi Input Data PAT Jelang Bagi Rapor Siswa

-foto ist-

OKU SELATAN, OKES.NEWS – Guru MTsN 1 OKU Selatan kini tengah disibukan melakukan penginputan nilai para siswa usai mengikuti pelaksannan Penilaiaan Akhir Tahun (PAT). Jumat, 16/6/2023.

Mengingat, waktu tinggal beberapa hari lagi akan diadakan rapat penentuan kenaikan kelas sekaligus pembagian rapor peserta didik.

Selain guru mata pelajaran, para guru yang bertugas sebagai wali kelas maupun guru pembina eskul juga mulai menginput nilai di Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM).

Menurut Tien Pratiwi S.Pd. selaku Wali Kelas VII.2 mengatakan bahwa RDM selain sebagai aplikasi mencetak rapor, RDM juga berfungsi sebagai bank nilai siswa madrasah.

“Seluruh data nilai siswa madrasah tersimpan di server pusat serta dapat digunakan sewaktu-waktu jika dibutuhkan”, ujar Tiwi.

Ia menambahkan bahwa melalui RDM, kepala madrasah, guru dan orang tua siswa bisa memantau perkembangan capaian kompetensi siswa secara real time.

BACA JUGA:Viral, Pelajar SMP Dipaksa Bersujud Cium Kaki Lalu Ditendang

BACA JUGA:Pj Bupati OKU Diganjar Penghargaan Sertifikasi Eliminasi Malaria

Kepala MTsN 1 OKU Selatan, Yusuf Yahya Rosidin S.Pd meminta guru untuk menginput dan mengolah nilai Penilaian Akhir Tahun (PAT) siswa kelas VII dan VIII ke aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM) dengan baik.

Dengan demikian, nilai yang dihasilkan lebih akurat, Kamad menambahkan setiap tahunnya guru mapel menginput nilai dengan menggunakan  RDM yang terus berbenah dan terus berinovasi.

“Apabila ada guru yang mengalami kesulitan untuk akses ke sistem ini, pihak madrasah menyediakan fasilitas bimbingan agar aplikasi RDM tersebut akan lebih mudah dipelajari dan dipahami,” ucapnya.

Sementara Operator RDM MTsN 1 OKU Selatan, Indra Juliasyah S.Ud menjelaskan bimbingan kepada guru dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan dalam pengisian nilai ke aplikasi RDM, sehingga keakuratan nilai rapor dapat dipertanggungjawabkan.

“Untuk memudahkan penginputan nilai, guru hanya diminta memasukkan nilai harian untuk tiap kompetensi dasar dan hasil PAT 2022-2023. Sedangkan data siswa, dan sebagainya dibantu operator RDM, Operator telah menyiapkan segala sesuatunya, sehingga guru tinggal mengisi nilainya saja,” ujarnya. (Dal/rill)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: