Even Festival Danau Ranau Resmi Ditutup, Sampai Bertemu Di FDR XXIV 2024

Even Festival Danau Ranau Resmi Ditutup, Sampai Bertemu Di FDR XXIV 2024

SUKSES: Suasana acara penutupan Festival Danau Ranau (FDR) XXII Tahun 2023 di Kabupaten OKU Selatan, Minggu (25/6). (Foto: IST)--

Even Festival Danau Ranau Resmi Ditutup, Sampai Bertemu Di FDR XXIV 2024

MUARADUA, OKES.NEWS - Setelah berjalan sejak tanggal 6 juni 2023 lalu, event Festival Danau Ranau (FDR) XXII Tahun 2023 di Kabupaten OKU Selatan, Minggu (25/6) resmi ditutup. Closing Ceremony FDR dilakukan langsung oleh Sekertaris Daerah OKU Selatan, Rahmatullah SSTP MM.

Bicara mengenai event FDR, dijelaskan Rahamatullah memang memiliki perjalanan cukup panjang. Dimana di usia OKU Selatan yang ke 19 tahun saat ini, FDR justru sudah lebih dahulu digelar sebanyak 23 kali atau jauh sebelum OKU Selatan berdiri.

Tujuan dari gelaran FDR dari para pendahulu, yakni mempromosikan wisata, kebudayaan yang ada di OKU Selatan, tetapi juga menjaga warisan leluhur tersebut. Wisata dan budaya ini diharapkan akan terus bisa lestari hingga saat ini.

"Kami Pemda OKU Selatan menilai, gelaran Festival Danau Ranau tahun ini berjalan dengan sukses. Karena semua pihak bersatu padu, bersinergi, termasuk juga ada dari tokoh adat yang bersemangat untuk mensukseskan acara FDR ini," ungkap Sekda OKU Selatan Rahmatullah.

BACA JUGA:Sholat Ied Muhammadiyah di OKU Lebih Awal, Potong Korban Barengan, Berikut Lokasinya

BACA JUGA:83 Gelar Disandang H Achmad Tarmizi, Helmy Yahya: Kok Hanya Jadi Staf Ahli Ya, Terlalu Kecil

FDR diketahui juga salah satu event yang continue dilaksanakan di Danau Ranau, disamping beberapa event besar lainnya. Seperti Sriwijaya Ranau Gran Fondo. Event ini digelar tentu ditujukan untuk mengoptimalkan pariwisata dan budaya yang ada di OKU Selatan.

"Dengan event FDR ini juga, diharapkan akan membantu kembali meningkatkan putaran ekonomi masyarakat dan juga daerah," ungkapnya.

Mewakili Gubernur Sumsel Herman Deri melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel, Aufa Syahrizal SP MSc mengatakan jika perkembangan wisata di OKU Selatan saat ini semakin baik. Hal itu jelas berkat kerja semua pihak, atau dalam sebuah konsep yakni Penta-helix.

Dimana ada kolaborasi 5 (Lima Unsur) unsur subjek atau stakeholder pariwisata, yaitu Academician (Akademisi), Business (Bisnis), Community (Komunitas), Government (Pemerintah) dan Media (Publikasi Media) dalam komitmen membangun pariwisata.

"Ini yang saya lihat juga sudah berjalan di OKU Selatan. Ini bukti kebhinekaan untuk membangun OKU Selatan juga sangat kuat," bebernya.

Selain melihat gelaran event FDR yang saat ini berjalan dengan baik, Aufa juga tidak lupa mengingatkan bahwa OKU Selatan akan terus digilir berdatangan event-event besar kedepan. Terdekat yakni Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) 2023 yang akan dilaksanakan 19 Agustus mendatang.

BACA JUGA:83 Gelar Disandang H Achmad Tarmizi, Helmy Yahya: Kok Hanya Jadi Staf Ahli Ya, Terlalu Kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: