Berdoa dan Menangis, Saat Ini Jutaan Orang Wukuf di Padang Arafah

Berdoa dan Menangis, Saat Ini Jutaan Orang Wukuf di Padang Arafah

Jemaah saat wukuf di Arafah, panas terik dan hujan buatan mewarnai arena wukuf--

Berdoa dan Menangis, Saat Ini Jutaan Orang Wukuf di Padang Arafah 

OKES.NEWS- Saat ini,  jutaan jemaah calon haji dari seluruh dunia melaksanakan prosesi wukuf di Arafah, temasuk termasuk jemaah haji Indonesia.

Meereka  sedang berkumpul di padang Arafah dengan pakaian Ihramnya. Mulainya wukuf dimulai setelah tergelincirnya matahari (waktu Zhuhur) pada tanggal 9 Dzulhijjah, atau disebut hari Arafah.

Dalam prosesi wukuf, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyelenggarakan khutbah wukuf dan salat berjamaah di tenda utama serta di setiap tenda jemaah yang dilaksanakan oleh pembimbing ibadah.

BACA JUGA:Berita Duka, Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rooji'un, Calon Haji Asal OKU Timur Wafat di Makkah

Khutbah wukuf di tenda utama disampaikan oleh Habib Ali Hasan al Bahar, Lc, MA, diikuti dengan salat berjamaah Jama' qashar Zuhur dan Ashar, serta zikir dan doa wukuf yang dipimpin oleh KH. Dr. Aris Nikmatullah.

Prosesi dan khutbah wukuf disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube dan Instagram Kementerian Agama pada pukul 14.45 WIB atau 10.45 WAS.

 
Padati jabal rahmah, gunung tempat bertemunya Nabi Adam dan Hawa --

Terlihat mereka bertalibiyah, berzikir di dalam tenda namun ada juga yang di luar tenda. Mereka membaca doa dengan suara bergetar. Tak jarang dari mereka meneteskan air mata.

PPIH Arab Saudi tahun ini memfasilitasi 240 jemaah haji lansia dan difabel untuk menjalani safari wukuf

Kelompok ini terdiri dari jemaah yang memiliki keterbatasan pergerakan atau keterbatasan kemampuan fisik yang berat. Fasilitasi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada jemaah dan memungkinkan mereka menyelesaikan ibadah haji.

Jemaah yang sakit dan tidak dapat melaksanakan wukuf secara normal akan diberangkatkan ke Arafah menggunakan enam bus pada tanggal 9 Zulhijah 1444 H/27 Juni 2023 M mulai pukul 11.00 waktu Arab Saudi (WAS). 

Setiap bus akan diisi maksimal 40 jemaah yang akan duduk. 

BACA JUGA:Inilah Penampakan Terbaru Kakek Harun, Calon Haji Tertua Berumur 119 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: